mengobati mata merah

Mata Merah-Gejala, Penyebab dan Tips Pengobatan Alami

Diposting pada

Mata Merah-Gejala, Penyebab dan Tips Pengobatan Alami – Mata merah terkadang muncul dengan tiba-tiba dan mengakibatkan kekhawatiran. Sebenarnya mata merah disebabkan oleh pembuluh darah pada yang mengalami iritasi atau pembengkakan. Dalam istilah medis mata merah disebut konjungtivitas. Mata merah bisa jadi masalah yang ringan maupun serius. Namun apabila tidak ada gangguan penglihatan dan rasa sakit pada mata  hal ini tidak perlu dirisaukan.

 Mata merah bisa disebabkan oleh benda-benda luar yang menempel pada mata sehingga menyebabkan mata memerah karena iritasi. Salah satu yang sering menyebabkan mata memerah yaitu debu, biasanya dibarengi dengan rasa gatal pada mata serta mata menjadi berair. Lama-kelamaan kelopak mata akan membengkak dan ikut berwarna merah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab, gejala dan tips mengatasi mata merah, baca ulasan berikut ini.

 mengobati mata merah

Penyebab, Gejala, dan Tips Mengobati Mata Merah

 

Penyebab Mata Merah

 Pembuluh mata yang meradang menjadi penyebab yang sering terjadi pada kasus mata merah atau konjungtivitas. Peradangan tersebut disebabkan oleh iritasi yang dikarenakan debu, udara kering, sinar matahari, virus atau bakteri dan reaksi pada alergi. Mata memerah sebenarnya bisa juga disebabkan oleh kelelahan atau menangis. Namun mata merah tersebut tidak perlu penanganan khusus dan tidak untuk dikhawatirkan karena tidak menimbulkan masalah.

 Gejala Mata Merah

 Gejala awal dari mata merah atau konjungtivitas yaitu terasa gatal dan kasar. Selain itu mata juga akan terasa mudah berair serta terasa nyeri. Apabila mata terkena cahaya mata akan sangat peka dan penglihatan menjadi kabur. Pada saat bangun tidur kelopak mata akan menempel dan susah untuk dibuka. Mata memerah yang disebabkan oleh iritasi akan mengeluarkan kotoran, kotoran berwarna putih disebabkan oleh bakteri dan kotoran berwarna jernih disebabkan oleh virus.

Tips Mengobati Mata Merah

 Jenis pengobatan yang paling mudah yaitu menggunakan obat tetes mata antibiotik. Tetes mata itu dapat digunakan dengan mudah dan efektif untuk menyembuhkan. Namun berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan lebih mudah dan tentunya ada disekitar rumah.

  1. Mengompres

Mengompres bisa menggunakan dua jenis air, yaitu air dingin ataupun air hangat. Jenis air ditentukan oleh penyebab dari mata merah itu sendiri. Jika mata yang memerah disebabkan oleh kelelahan maka yang digunakan yaitu air dingin agar otot-otot sekitar mata menjadi rileks dan aliran darah kembali normal. Sedangkan untuk mata merah akibat virus atau bakteri dapat dilakukan pengompresan dengan air hangat. Air hangat yang digunakan dapat mematikan bakteri atau virus yang ada pada mata. Akan tetapi perlu diingat bahwa kain yang digunakan untuk mengompres harus steril agar tidak menambah bakteri pada mata.

  1. Bawang Putih

Bahan dapur ini memiliki manfaat untuk meredakan mata merah. Caranya pun cukup mudah, pertama cuci wajah terlebih dahulu setalah itu potong ujung bawang putih yang telah dibersihkan dari kulitnya. Oleskan pada bagian bawah kelopak mata setelah itu diamkan. Jangan kaget akan rasa gatal  dan perih yang ditimbulkan, itu memang biasanya terjadi. Lakukan pengolesan tersebut selama beberapa kali sebelum tidur, setelah itu baru bersihkan kembali mata dengan air.

Itulah penyebab, gejala, dan tips mengobati mata merah. Apabila tidak dapat teratasi maka berkonsultasilah dengan dokter mata untuk menghindari mata merah yang lebih parah.

 

Incoming search terms:

  • obat mata tiba tiba merah dan perih kasar