cara mengatasi demam pada anak

Ketahui Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Diposting pada

Mengatasi Demam Pada Anak – Demam, tentunya Anda pernah mengalami masalah kesehatan yang satu ini karena hampir semua orang tentunya pernah mengalami demam. Demam sendiri merupakan reaksi alami yang diberikan oleh tubuh yang berusaha untuk melawan infeksi yang diberikan oleh virus. Pada umumnya demam tidaklah dianggap sebagai penyakit namun tergolong dalam gejala dari infeksi ataupun gangguan kesehatan yang terjadi di dalam tubuh sehingga jika Anda mengalami demam tentulah ada gangguan kesehatan di dalam tubuh Anda.

Demam sendiri biasanya mengakibatkan suhu tubuh mengalami peningkatan, bagian dari otak yang dinamakan hypothalamus yang memiliki fungsi untuk mengontrol suhu tubuh akan memberi perintah pada tubuh Anda untuk meningkatkan suhunya sehingga akan meningkatkan kemampuan imun atau sistem kekebalan tubuh untuk melawan terjadinya reaksi. Demam dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak – anak, jika anak Anda mengalami demam maka berikut ini akan kami ulas bagaimana cara mengatasi demam pada anak.

cara mengatasi demam pada anak

Mengatasi Demam Pada Anak

  1. Mandi Air Hangat

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi demam pada anak adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat karena dengan air hangat maka akan mampu membuat suhu badan menjadi turun serta akan membantu membuat tubuh anak menjadi lebih rileks. Selain itu air hangat juga akan membunuh berbagai mikro organisme serta bakteri yang menempel pada tubuh anak Anda.

  1. Kompres Air Hangat

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak adalah dengan mengkompresnya menggunakan air hangat, caranya yaitu ambillah kain atau handuk kecil, kemudian basahilah dengan air hangat dan letakkanlah di dahi dan lengan anak Anda. Dengan melakukan pengompresan dengan air hangat ini maka akan membuat sirkulasi tubuh anak Anda menjadi lancar.

  1. Mengkonsumsi Jahe

Mengkonsumsi jahe juga bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi demam pada anak Anda, jahe memang dikenal luas memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu rasa jahe yang panas akan membantu menghangatkan tubuh anak Anda, cara penggunaannya Anda bisa membuat minuman jahe di antaranya adalah jahe susu untuk anak Anda.

 

  1. Jus Buah

Jus buah juga bisa menjadi solusi yang sangat ampuh untuk mengatasi demam yang terjadi pada anak, kandungan yang ada di dalam buah – buahan akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Selain itu,  buah – buahan seperti nanas juga mengandung zat anti peradangan yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak Anda yang sedang mengalami demam.

  1. Air Putih

Cara kelima yang juga bisa Anda jadikan alternatif untuk mengatasi demam yang terjadi pada anak adalah dengan memberinya banyak minum air putih, hal ini dilakukan untuk menghindarkan tubuh anak Anda dari terjadinya dehidrasi. Selain itu dengan banyak meminum air putih juga akan membantu mengeluarkan kandungan racun yang terdapat dalam tubuh anak Anda.

Apabila buah hati Anda sedang mengalami demam maka Anda bisa menggunakan berbagai cara yang telah diulas di atas untuk menurunkan suhu tubuhnya.