Mengatasi Kebotakan Rambut Secara Alami

Diposting pada

Mengatasi Kebotakan Rambut Secara Alami – Kebotakan atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai alopecia merupakan kelainan yang terjadi di mana perbandingan antara jumlah rambut yang rontok lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah rambut yang tumbuh. Hal ini akan diperparah apabila rambut yang rontok tidak tumbuh kembali sehingga akan mempercepat terjadinya kebotakan. Pada manusia, rata – rata jumlah rambut yang rontok adalah 25 hingga 100 helai per hari, jika lebih dari itu maka sudah tergolong dalam kebotakan.

Masalah kebotakan terbagi menjadi tiga macam yakni alopecia areata yakni botak di beberapa titik, alopecia totalis yakni botak di seluruh kulit kepala, dan alopecia universalis yakni botak di seluruh bagian tubuh. Kebotakan sendiri memiliki berbagai penyebab dan dapat terjadi secara sementara ataupun bersifat tetap, selain itu kebotakan dapat terjadi pada siapapun baik laki – laki maupun perempuan serta berbagai rentang usia, berikut ini akan kami ulas mengenai beberapa cara mengatasi masalah kebotakan secara alami.

Mengatasi Kebotakan Rambut Secara Alami

  1. Pijat Kepala

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebotakan adalah dengan cara memberikan pijatan pada kepala, salah satu penyebab kebotakan yang dialami oleh sebagian orang adalah karena tidak lancarnya sirkulasi darah pada bagian kepala sehingga dengan melakukan pijatan yang ringan pada kepala maka akan memperlancar sirkulasi darah dan dapat mengatasi kebotakan.

  1. Santan

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebotakan secara alami adalah dengan menggunakan santan kelapa karena santan ini kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Dengan menggunakan santan kelapa ini akan membuat rambut dan folikel rambut Anda menjadi tetap sehat sehingga akan merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Telur

Telur juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kebotakan yang terjadi pada rambut Anda, telur sendiri sangat kaya akan kandungan protein yang akan membantu pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut Anda tebal dan kuat. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa menyediakan satu butir telur dan aduklah putih dan kuningnya, setelah itu oleskanlah pada area kepala yang mengalami kebotakan.

 

  1. Lada Hitam

Cara keempat yang juga bisa Anda jadikan alternatif untuk mengatasi kebotakan secara alami adalah dengan menggunakan lada hitam, caranya pertama campurkan beberapa sendok teh lada hitam dengan sedikit yoghurt, aduk hingga benar – benar merata dan menjadi seperti pasta, setelah itu oleskanlah pada bagian kepala Anda yang mengalami kebotakan dan diamkan selama 10 menit.

  1. Cuka

Cara kelima yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kebotakan yang terjadi secara alami adalah dengan menggunakan cuka yang mana di dalam cuka banyak mengandung sejumlah nutrisi seperti kalium dan enzim yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan rambut serta juga dapat mencegah terjadinya ketombe pada kulit kepala Anda.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah kebotakan maka Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan berbagai hal yang telah diulas di atas.