stres ibu hamil

Mengatasi Masalah Stres Pada Ibu Hamil

Diposting pada

Mengatasi Masalah Stres Pada Ibu HamilStres dapat menyerang siapa saja, terutama pada ibu hamil. Stres lebih mudah dialami ibu hamil dikarenakan perubahan hormonal yang signifikan serta keadan baru yang mengagetkan. Adanya janin di dalam rahim seorang ibu pastinya memberikan pengalaman baru yang berbeda. Tak jarang kondisi tubuh ibu hamil mengalami hal-hal aneh yang tidak biasanya dialami.

 Seperti mual dan muntah, emosi yang tidak stabil, mudah lelah, dll. Hal itu tentu sangat mengganggu keadaan ibu hamil. Meski mengganggu, seharusnya drama-drama selama kehamilan harus dinikmati dan jangan dijadikan sebagai beban. Jika menjadikannya suatu permasalahan justru akan mengakibatkan Stres pada ibu hamil.  Stres juga akan berpengaruh pada perkembangan janin, terutama pada tingkat emosinya nanti. Untuk menghindari dampak tersebut, berikut ini cara mengatasi Stres pada ibu hamil.

 Mengatasi Masalah Stres Pada Ibu Hamil

 stres ibu hamil

  1. Olahraga

Olahraga yang tepat untuk mengurangi Stres pada ibu hamil yaitu yoga ibu hamil. Biasanya yoga tersebut ada di rumah sakit –rumah sakit tertentu. Dengan menjalankan yoga untuk ibu hamil dapat memberikan ketengan jiwa dan pikiran. Pikiran-pikiran negatif juga dapat hilang. Dengan yoga ibu hamil juga dapat mengelola sendiri pikiran dan emosinya. Namun apabila ibu hamil tidak menyukai yoga, bisa digantikan dengan olahraga lain yang disukai seperti senam atau mungkin berenang. Karena pada dasarnya olahraga baik untuk kesehatan jiwa dan raga pelakunya.

 

  1. Bersosialisasi

Bersosialisai berarti bergabung dengan banyak orang lalu saling bertukar pendapat, dengan cara ini ibu hamil dapat mencurahkan kegundahannya akan kehamilan. Memendam sendiri permasalahan yang dihadapi tentunya akan berujung pada Stres. Dengan saling bertukar kegundahan yang dialami tentu akan menjadikan pikiran lebih rileks. Bahkan dapat memunculkan solusi atau ide baru. Tidak hanya itu, bersosialisasi juga akan memberikan pengalaman baru dalam menghadapi watak masing-masing orang.

 

  1. Istirahat Cukup

Terkadang kondisi tubuh ibu hamil menyulitkan untuk tertidur dengan pulas, ada saja hal yang didapati dan mengharuskannya menunda tidur seperti janin yang menendnag-nenda misalnya. Kurangnya tidur ini dapat menjadikan pikiran yang tidak segar serta semrawut.  Selain itu kurang tidur dapat memberikan gangguan kesehatan bagi ibu hamil. Pengelolaan pikiran dan kesehatan yang tidak baik tentu akan menimbulkan Stres pada ibu hamil. Dengan demikian istirahat atau tidur yang cukup dapat dijadikan solusi untuk mengatasi Stres.

 

  1. Konsumsi Makanan Pereda Stres

Makanan pereda Stres memiliki kandungan yang baik untuk memberikan ketenangan jiwa. Contoh makanan pereda Stres yaitu ikan, kacang almond dan kacang kenari, di dalam ketinga makanan tersebut terkandungan omega tiga sehingga dapat membantu untuk meredakan Stres. Selain itu, brokoli yang mengandung vitamin B juga dapat dikonsumsi untuk meredakan Stres.

 

  1. Menjauhi Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk biasanya bawaan sejak sebelum hamil yang dapat berupa kegemaran akan meminum kafein, alkohol, soda atau bahkan rokok. Hal tersebut pastinya dilarang untuk dikonsumsi saat hamil. Selain berbahaya untuk diri sendiri, jenis-jenis hal buruk itu juga membahayakan untuk janin. Sebaiknya mengalihkan perhatian dengan hal lain, seperti jalan-jalan, berolahraga, mengunyah permen karet, dll.

Demikian cara mengatasi Stres pada ibu hamil, cara-cara tersebut dapat diterapkan agar terhindar dari Stres dan perkembangan janin pun tidak terganggu.