Menjaga Kesehatan Otak Dengan Aturan 4 Makanan Diet Sehat Harian

Diposting pada

Agar otak tetap sehat, mampu bekerja normal dan bahkan mampu memperkuat daya ingat serta menambah tingkat kecerdasan, maka Anda perlu memperhatikan nutrisi harian bagi otak. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan otak yang bisa Anda konsumsi untuk melakukan diet sehat harian bagi otak.

Menu-Makanan-Diet-Sehat

  1. Kacang Kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kenari, kacang pinus, kacang almond kaya akan asam lemak tak jenuh omega-3 serta mengandung sejumlah besar antioksidan seperti vitamin E dan selenium. Antioksidan ini mampu melindungi sel otak dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

  1. Buah beri

Macamp-macam buah beri seperti strawberi, bluberi, cranberi dll mengandung banyak antioksidan yang mampu mencegah kerusakan saraf otak akibat radikal bebas serta mampu memperlambat penuaan. Vitamin yang terkandung pada buah beri juga sangat berperan terhadap kinerja fungsi saraf motorik, kekuatan ingatan dan kemampuan kognitif.

  1. Susu

Mengkonsumsi susu setiap hari dapat menambah kalsium dalam jumlah besar serta memberi nutrisi penting bagi kelompok protein otak serta vitamin B.

  1. Labu

Labu merupakan sumber beta karoten terbaik. Studi yang di lakukan di Belanda menunjukkan bahwa beta karoten dapat mempertahankan kemampuan otak untuk tetap berfikir positif. Selain itu, biji labu juga mengandung seng dalam jumlah besar yang dapat mendorong perkembangan otak. Jika asupan seng tidak mencukupi, maka akan menyebabkan kehilangan ingatan dan menurunkan kewaspadaan.

Namun demikian, ada beberapa jenis makanan berbahaya bagi otak. Diantaranya adalah :

  1. Makanan Yang Mengandung Kafein.

Makanan dan minuman seperti kopi, teh hijau, coklat, soda dan masih banyak yang lain jika anda mengkonsumsinya secara berlebih akan berpotensi mengurangi aliran darah di otak dan organ tubuh lainnya, serta menyebabkan dehidrasi didalam otak sehingga mempengaruhi kemampuan berfikir Anda.

  1. Gorengan

Makanan gorengan yang banyak dijual di pinggir jalan yang Anda konsumsi akan menghasilkan radikal bebas dalam jumlah banyak didalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel otak dan jaringan otak lainnya.

  1. Gula Rafinasi

Pada dasarnya, gula merupakan karbohidrat yang bisa dengan mudah terurai oleh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kadar gula dalam darah berfluktuisasi dan dapat mempengaruhi fungsi otak.

  1. Zat Aditif Buatan

Zat aditif buatan seperti pewarna makanan dan pemanis pengganti gula sangat berbahaya bagi otak anak-anak. Jika dikonsumsi akan mempengaruhi kemampuan belajar anak-anak dan menimbulkan gejala hiperaktif serta menurunnya konsentrasi juga perhatian.

Itulah aturan 4 Makanan yang dibutuhkan dan dihindari untuk menjaga kesehatan otak. Melakukan diet sehat harian untuk otak mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi otak Anda. Selain yang tersebut di atas, sarapan bergizi dan sehat juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak

 

 

Loading...