Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Diposting pada

Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Balita – Balita merupakan sebuah akronim bagi bayi di bawah lima tahun atau sebutan bagi anak – anak yang usianya berada pada rentang 0 sampai dengan 5 tahun. Pada usia balita ini, otak anak akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan dikenal oleh masyarakat dengan sebutan masa keemasan atau golden age sehingga pada masa – masa ini seorang balita haruslah mendapatkan stimulasi secara keseluruhan mulai dari gizi, pengasuhan, dan berbagai hal lainnya.

Setiap orang tua tentunya akan menginginkan supaya anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas sehingga para orang tua harus benar – benar memperhatikan anak mereka pada saat usia balita ini. Namun pada kenyataannya masih banyak orang tua yang menyia – nyiakan masa ini baik karena kurangnya pengetahuan orang tua atau memang orang tua tidak begitu memperhatikan sang anak karena kesibukannya. Salah satu yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah nutrisi yang diberikan pada balita seperti yang akan diulas berikut ini.

Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

  1. Kalium

Salah satu nutrisi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan balita adalah kalium yang mana merupakan salah satu nutrisi yang dapat mengontrol tekanan darah pada balita maupun pada orang dewasa, selain itu kalium juga bisa berfungsi untuk mencegah obesitas. Ada beberapa makanan yang kaya akan kandungan kalium di antaranya adalah brokoli, kacang polong, dan pisang.

  1. Kalsium

Nutrisi penting kedua untuk pertumbuhan dan perkembangan balita adalah kalsium yang mana nutrisi ini akan memiliki manfaat untuk pertumbuhan tulang pada balita. Selain untuk tulang, kalsium juga memiliki peran penting dalam fungsi otot, pembekuan darah, serta detak jantung. Sedangkan untuk jenis makanan yang banyak mengandung kalsium misalnya terdapat pada berbagai sayuran hijau dan susu.

  1. Protein

Protein juga menjadi salah satu nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan balita, protein sangatlah diperlukan oleh seorang anak balita agar sel – sel baru dapat lebih mudah terbentuk. Selain itu protein juga sangatlah penting bagi pertumbuhan seorang balita dan juga perkembangan otaknya, kebutuhan balita terhadap protein menjadi sangat tinggi hingga usia 24 bulan.

 

  1. Yodium

Nutrisi penting keempat yang juga sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan balita adalah yodium yang mana nutrisi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dari anak Anda sehingga tubuh balita tidak mengalami masalah seperti kerdil atau fisik yang tidak seimbang, selain itu yodium juga memiliki peran dalam metabolisme tubuh.

  1. Zat Besi

Nutrisi kelima yang juga sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan balita adalah Zat Besi yang memiliki peran sangat penting dalam perkembangan otak pada balita. Apabila seorang balita tidak terpenuhi zat besinya dengan baik maka sang anak akan meningkatkan resiko seperti keterlambatan dalam berpikir yang pada akhirnya akan mengganggu tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Bagi Anda yang memiliki anak berusia balita maka Anda harus memperhatikan asupan nutrisinya agar pertumbuhan dan perkembangan dari anak Anda optimal.