Nyeri Haid Lumpuhkan Harimu? Konsumsi Makanan Ini Yuk!

Diposting pada

Ladies, pastinya Anda semuanya sudah pernah kan merasakan rasa nyeri pada saat haid atau pun menstruasi, bahkan rasa nyeri haid tersebut bisa melumpuhkan hari-hari Anda? Nah, untuk bisa mengatasi masalah nyeri haid tersebut, pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membagikan informasinya untuk Anda.

Rasa sakit dan juga nyeri biasanya dialami wanita pada saat mengalami haid. Nyeri haid ini biasanya terjadi di hari-hari pertama. Yang mana, beberapa wanita akan merasakan nyeri yang tidak tertahankan sehingga mengakibatkan mereka sangat kesulitan sekali untuk bergerak dan juga melakukan aktifitas, sementara sebagian lagi hanya akan alami sekit ringan, akan tetapi tetap cukup mengganggu.

makanan-sehat

Sakit pada saat haid atau yang lebih dikenal dengan istilah medisnya “dysmenorrhea” ini umumnya banyak sekali dialami oleh para remaja wanita dan juga wanita muda. Selain nyeri, ternyata beberapa wanita juga tidak jarang alami kram di perut pada saat datangnya haid. Karena rasa sakit ini, tidak sedikit dari mereka yang terpaksa izin untuk tidak bisa masuk sekolah, kuliah, atau pun kantor sebab rasa sakit yang tidak tertahankan tersebut.

Lantas, apa sih makanan yang bisa atasi nyeri haid tersebut?

Nyeri, kram, atau pun sakit akibat haid (menstruasi) ini sebenarnya dapat diredakan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Memang sih, tidak akan langsung hilangkan rasa sakitnya, akan tetapi setidaknya akan dapat membantu para wanita untuk lebih merasa nyaman di tengah-tengah periode haidnya tersebut.

Seorang pakar diet dan juga nutrisi klinis, yakni Pooha Makhija, seperti yang kami kutipkan dari timesofindia.com telah menyarankan kepada para wanita yang sering sekali alami rasa nyeri pada saat haid untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang tinggi karbohidrat, lebih direkomendasikan jenis yang paling sederhana, sebab mudah sekali dicerna dan juga efeknya pun juga lebih cepat. Karbohidrat juga bisa didapatkan dari nasi, roti tawar, atau pun kentang.

Jangan lupa juga dengan protein. “Protein dari sumber yang berkualitas baik sangat membantu redakan sakit pada saat haid, dikeranakan meluruhkan dinding rahim”.

Selain dengan karbohidrat, sejumlah pakar nutrisi pun juga menyarankan agar Anda mengkonsumsi banyak buah, susu, dan juga sayur yang berwarna hijau pada saat alami nyeri haid. Hal yang demikian ini karena, bahan-bahan makanan tersebut sangat bermanfaat sekali untuk lancarkan keluarnya darah pada saat menstruasi datang.

Selain hal itu, konsumsi juga makanan yang kaya akan vitamin D3, seperti halnya kuning telur, keju, dan juga ikan.

Demikianlah beberapa makanan untuk atasi nyeri haid yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja informasinya bermanfaat bagi pembacanya.