Obat Alami Untuk Mengatasi Masalah Batuk dan Tenggorokan

Diposting pada

Obat Alami Untuk Mengatasi Masalah Batuk dan TenggorokanBatuk dan sakit tenggorokan biasanya memang dua hal yang tidak terpisahkan. Jadi jika anda menderita batu, maka sudah pasti anda akan mengalami sakit tenggorokan. Masalah batuk dan tenggorokan ini bisa disebabkan karena polusi udara atau bakteri yang masuk kedalam tenggorokan anda. jika anda sudah terkena batuk dan sakit tenggorokan, biasanya akan berpengaruh pada suara anda. selain itu, karena batuk nafsu makan anda pun akan berkurang. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Karena masalah batuk dan tenggorokan, sebenarnya sangat mudah untuk diatasi.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang banyak berada disekeliling, serta dengan menggunakan bahan alami sebagai obat batuk dan sakit tenggorokan, maka efek samping yang ditimbulkan pun akan terminimalisir, berbeda jika anda menggunakan obat-obatan kimia. Kandungan bahan kimia didalamnya, jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama, akan memperberat kerja ginjal. Maka dari itu, tepat sekali jika anda beralih ke obat dengan bahan yang alami. Berikut ini akan dibahas tentang obat alami untuk mengatasi masalah batuk dan tengorokan yang bisa anda coba gunakan.

Cara Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

  1. Air garam

Air garam sangat berkhasiat untuk mengatasi batuk dan juga tenggorokan. Selain itu, dengan air garam pun masalah pada panas dalam bisa diatasi. Karena didalam air garam terdapat antiseptik, yang berfungsi membunuh kuman dan juga bakteri secara efektif. Anda bisa mencoba berkumur dengan menggunakan campuran air hangat dan juga garam. Setelah berkumur, minumlah air garam yang baru. Jangan langsung meminum air garam yang tadi untuk berkumur, tapi minumlah dengan membuat ramuan air garam yang baru.

  1. Madu dan lemon

Didalam madu mengandung zat antibakteri yang tentunya akan sangat membantu proses pengobatan. Selain itu, didalam lemon pun juga terdapat vitamin C serta zat anti bakteri yang sangat bagus untuk pengobatan sakit tenggorokan. Anda bisa mengkombinasikan air jeruk lemon dengan madu untuk diminum sebgai obat pereda sakit tenggorokan dan juga batuk.

  1. Teh Jahe

Didalam jahe terdapat kandungan zingiberin yang memiliki fungsi menghilangkan racun dalam tubuh.didalam jahe juga terdapat kandungan anti inflamasi yang berguna membunuh bakteri. Untuk obat batuk dan juga sakit tenggorokan, anda bisa mengkombinasikannya dengan teh hangat. Caranya cukup iris beberapa potong jahe, lalu campurkan kedalam secangkir teh. Setelah itu, minumlah secara teratur pagi dan sore hari.

  1. Buah belimbing

Buah belimbing selain kaya akan vitamin C, buah belimbing juga mengandung zat antiradang. Sangat bermanfaat untuk meredakan batuk dan juga mengobati radang tenggorokan. Anda bisa langsung memakan buah belimbing yang telah matang, atau juga bisa membuat jus belimbing untuk obat alami batuk dan juga sakit tenggorokan anda.

  1. Bawang putih

Bahan alami yang biasa untuk bumbu masakan ini juga memiliki khasiat sebagai obat sakit tenggorokan dan juga batuk. Didalamnya terdapat senyawa allicin, yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri. Anda hanya tinggal mengunyah saja bawang putih lalu diamkan sementara dalam tenggorokan. Lalu anda bisa berkumur dengan air hangat. Bawang yang anda gunakan adalah bawang mentah.

 

Demikian beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah batuk dan tenggorokan. Hanya dengan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar, anda sudah bisa mengobati masalah batuk dan tenggorokan dengan mudah dan tentunya tanpa efek samping. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • penyebab penyakit kista rahim