obat herbal diabetes

Obat Herbal Untuk Penderita Diabetes

Diposting pada

Obat Herbal Untuk Penderita Diabetes ─ Diabetes atau disebut sebagai penyakit kencing manis disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Umumnya penyakit ini disebabkan karena hormon insulin tidak bisa bekerja dengan baik. Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan secara maksimal. Penderita diabetes jika mengalami luka di tubuh, maka bagian luka tersebut sukar disembuhkan.

Seseorang yang mengidap penyakit kencing manis akan dibatasi dalam mengonsumsi makanan. Umumnya orang yang terkena penyakit ini tidak boleh memakan makanan yang mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi. Diabetes tidak hanya menyerang lansia, anak muda juga bisa mengidap penyakit ini jika tidak bisa mengatur pola makan dengan baik. Berikut beberapa obat herbal untuk penderita diabetes yang bisa Anda coba.

obat herbal diabetes

Obat Herbal Untuk Penderita Diabetes

  1. Brotowali

Brotowali merupakan tanaman obat yang digunakan untuk menyembuhkan luka, ternyata juga efektif untuk menyembuhkan diabetes. Brotowali mengandung antidiabetik yang tinggi berguna untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Jika Anda baru saja mengidap diabetes tipe 1, gunakan brotowali untuk penangkalnya. Caranya dengan merebus beberapa helai daun brotowali dengan suhu 100 . Biarkan hingga air berubah menjadi hijau. Minumlah air tersebut pada pagi hari dan petang.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman obat-obatan yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit kencing manis. Tanaman kumis kucing yang kaya akan zat diuretik bermanfaat untuk meluruhkan kencing dan menetralisir gula dalam darah. Caranya dengan merebus kumis kucing dengan 1 ½ gelas air. Anda juga dapat menambahkan akar alang-alang. Minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Pare

Pare dikenal sebagai sayuran yang memiliki rasa pahit. Tamanan ini ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes. Pare berguna untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh dan memperbaiki insulin dalam pankreas. Bagi para penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi pare untuk mengotrol kadar gula. Caranya dengan membuat jus pare atau tumis pare.

  1. Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau pace bermanfaat bagi kesehatan juga efektif untuk mengobati diabetes. Buah mengkudu mengandung senyawa proxeroni yang bermanfaat untuk obat diabetes. Anda dapat mengonsumsi buah mengkudu untuk penyembuh penyakit diabetes. Caranya dengan di jus dan tambahkan sedikit madu agar tidak terasa pahit.

  1. Kunyit

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman kunyit. Tanaman ini kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kunyit juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Caranya dengan mengonsumsi jamu kunyit yang terjual di pasaran. Atau dengan membuatnya sendiri, parutlah kunyit secukupnya. Tambahkan sedikit air, lalu rebus hingga mendidih. Tambahkan sedikit madu agar tidak terlalu pahit. Konsumsi pada pagi hari dan petang.

Demikian beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat herbal dalam mengobati penyakit diabetes. Banyak obat diabetes yang terjual di pasaran, Anda perlu berhati-hati jika membelinya. Jangan lupa periksa kode BPOM dan cek kehalalan produk tersebut. Semoga Bermanfaat.