Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Apakah Boleh?

Diposting pada

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil – Mengkonsumsi obat pada saat hamil sangat tidak disarankan pada masa kehamilan. Tidak terkecuali obat sakit gigi. Sakit pada ibu hamil biasanya disebabkan karena bakteri yang ada di mulut dan gigi  berkembang serta akibat dari perubahan hormon yang terjadi saat ibu hamil trisemester pertama. Tak heran jika banyak sekali ibu hamil yang mengkonsumsi obat sakit gigi.

Padahal, dengan mengkonsumsi obat dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Dengan demikian, sangat disarankan Anda untuk menggunakan obat alami yang sangat aman untuk ibu dan juga janin. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai obat sakit gigi untuk ibu hamil secara alami yang bisa digunakan, selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai obat sakit gigi untuk ibu hamil secara alami yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penjelasannya ialah:

Menggunakan Air Hangat

Obat sakit gigi untuk ibu hamil  secara alami yang pertama yaitu dengan menggunakan air hangat. Air hangat tidak hanya bermanfaat membuat tubuh mengalami rileks ketika berendam di air hangat. Ternyata air hangat juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Caranya hanya dengan mencampurkan air hangat dengan garam. Kemudian larutkan garam tersebut digunakan untuk berkumur—kumur minimal 3 kali dalam sehari setelah makanan. Namun demikian, Anda juga harus berhati-hai untuk melakukan kumur-kumur jangan sampai air kumur tersebut tertelan.

Mengkompres Dengan Air Dingin

Obat sakit gigi yang selanjutnya dengan mengkompres dengan air dingin. Selain dengan menggunakan air hangat, menggunakan air dingin juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi sakit gigi. Caranya yaitu dengan membasahi handuk dengan air dingin. Kemudian kompreskan pada pipi yang terhubung dengan gigi yang sakit. Lakukan kompres tersebut dengan jangka waktu beberapa menit. Namun sangat tidak disarankan untuk memasukkan air dingin pada gigi yang sakit sebab akan menyebabkan peradangan pada gigi.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan oleh ibu-ibu. Bawang putih juga termasuk salah satu bahan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu untuk mengobati sakit gigi. Selain itu, bawang putih juga sangat mudah didapatkan. Serta cara penggunaannya juga sangat mudah dilakukan yaitu dengan memotong bawan putih sedikit saja. Kemudian kunyah mentah-mentah di area gigi yang sakit.

Menggunakan Daun Sirih

obat sakit gigi untuk ibu hamil  secara alami yang terakhir yaitu dengan menggunakan daun sirih.  Daun yang memang berkhasiat untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini dikarenakan dalam daun sirih terdapat ekstrak yang mampu mengatasi sakit gigi. Apalagi saat ini banyak sekali pasta gigi yang menggunakan bahan daun sirih. Cara penggunaannya untuk mengatasi sakit gigi yaitu dengan mempersiapkan beberapa helai daun sirih, setelah itu cuci hingga bersih. Kemudian gulung dan remas hingga bulat, lalu kunyah pada bagian gigi yang sakit. Lakukan beberapa menit hingga akan keluar cairan ekstrak daun sirih dan akan masuk dalam sela-sela gigi yang sakit.  Setelah itu, kumur-kumur seperti biasa dan buang ekstrak daun yang telah Anda kunyah.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apakah boleh obat sakit gigi untuk ibu hamil dan obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil, yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil.  Selain itu, bahan-bahan tersebut termasuk bahan yang sangat mudah didapatkan bukan? Terimakasih dan selamat mencoba 🙂