Obat Tradisional Berbahan Serai

Obat Tradisional Berbahan Serai

Serai adalah tanaman ilalang yang mudah didapat, murah dan mudah ditanam. Serai juga berbau harum dan bisa digunakan sebagai penyedap makanan. Karena itu ibu-ibu biasanya menyimpan serai di dapur.

Namun ternyata penggunaan serai cukup luas mulai jadi bahan baku parfum, bodi lotion, sabun dan pengusir nyamuk sampai jadi bahan obat sakit maag, sakit gigi, obat oles keseleo dan lain sebagainya.

Serai dalam bentuk ekstrak memiliki khasiat antibakteri dan antimikroba sehingga bisa digunakan sebagai obat anti infeksi baik pada organ luar maupun organ dalam. Serai juga mengandung khasiat analgesic sehingga bisa digunakan sebagai obat sakit kepala, mengurangi nyeri otot maupun sendi dan pereda rasa sakit.

obat-herbal-daun-serai

Berikut beberapa resep tradisional yang menggunakan serai:

Obat Batuk

Rebus 10-15 lembar daun serai dalam 2 gelas air dan matikan jika tinggal segelas. Minum air rebusan 3x sehari untuk mengobati batuk.

Atau anda bisa menggunakan akar serai sekitar 5 gram, cuci bersih dan rebus dalam segelas air selama 15-20 menit. Minum rebusan tersebut pagi dan sore.

Obat Maag dan Asam Lambung

Ambil 40 lembar daun serai yang masih hijau segar dan rebus dalam 2 gelas air dan matikan saat tinggal ½ gelas. Habiskan 2x sehari pagi dan sore. Lakukan selama seminggu.

Obat Keseleo atau Terkilir

Ambil 2 batang serai campur dengan 3 buah kemiri. Tumbuk sampai halus lalu campurkan air. Panaskan sambil diaduk-aduk. Oleskan air campuran tadi ke tempat yang terkilir. Efek campuran ini cukup panas, jika kulit anda sensitif, cobalah sedikit dulu dan hentikan jika terjadi iritasi.

Obat Pengusir Nyamuk

Anda memerlukan cawan aromaterapi untuk melakukan ini. Letakkan 3-5 lembar daun serai yang sudah dipotong2 ke cawan aromaterapi lalu tuangkan minyak zaitun. Nyalakan lilin pemanas aromatherapy, saat minyak zaitun panas aroma serai akan keluar dan mengusir nyamuk.

Pereda Nyeri

Untuk meredakan nyeri anda bisa membeli minyak serai yang biasanya dijual di apotik-apotik dan toko obat. Oleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri, pegal atau kepala sakit. Minyak serai akan menghangatkan bagian yang dioleskan dan meresap berfungsi sebagai analgesic sehingga rasa nyerinya berkurang. Minyak serai yang dioleskan akan menimbulkan rasa hangat di bagian tersebut.

Minyak serai baik secara oles maupun minum sebaiknya tidak digunakan pada ibu hamil karena memiliki efek jantung berdebar-debar. Meskipun ada yang tetap memakai dan baik-baik saja, demi keselamatan janin sebaiknya tidak melakukannya.

Minyak serai juga berbahaya bagi mata, jika terkena mata segera bilas dengan air bersih sampai rasa pedih akibat minyak serai hilang. Selanjutnya bisa dibawa ke instalasi medis untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

 

Incoming search terms:

  • kapan minyak sereh di oles pada bagian nyeri
  • rebusan daun serai terkena mata
  • serai untuk obat luar
Show Buttons
Hide Buttons
error: Content is protected !!