penyakit diabetes

Penyakit Diabetes? Jangan Diremehkan!

Diposting pada

Penyakit diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering dialami oleh penduduk Indonesia bahkan dunia diatas usia 35 tahun. Penyakit diabetes membuat penderitanya tersiksa karena keharusan membatasi makanan terutama gula, tidak jarang harus suntik insulin setiap hari untuk menormalkan kadar gula darah.

Selain itu pada penyakit diabetes juga tidak jarang dijumpai luka gangrene yang susah sembuh bahkan terancam amputasi, kadang dijumpai kasus hipoglikemi atau gula darah yang ngedrop akibat terlalu sering disuntik insulin.

penyakit diabetes

Penyakit diabetes lebih banyak disebabkan oleh lifestyle dan genetic, untuk itu jangan sepelekan penyakit ini, cegah dan minimalkan tingkat keparahan. Sebelum terlambat alangkah lebih baik jika kita senantiasa waspada. Untuk itu mari kita pelajari lebih detail tentang penyakit berbahaya tersebut.

Apa itu penyakit diabetes?

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis akibat peningkatan kadar gula dalam darah yang disebabkan gangguan system metabolisme yang terdapat dalam tubuh akibat kurangnya hormone insulin yang dihasilkan oleh pancreas untuk membantu metabolisme gula menjadi energy. Penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan akan tetapi gula darah bisa dikontrol.

Sebagai cara untuk mendeteksi seseorang mengidap penyakit diabetes atau tidak yaitu dengan mengecek gula darah puasa yaitu pada pagi hari saat tubuh belum mengkonsumsi makanan apapun, jika gula darah lebih dari 126 mg/dl atau pemeriksaan gula darah tanpa puasa diatas 200 mg/dl maka waspadalah, karena hal tersebut merupakan indikasi terkena diabetes.

Jenis penyakit diabetes

Penyakit Diabetes dibagi menjadi 2 yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Kedua jenis penyakit ini memiliki perbedaan dan lebih lengkapnya kita bahas dibawah ini:

Penyakit diabetes mellitus tipe  1

Penyakit diabetes mellitus tipe 1 susah diprediksi juga susah dicegah karena merupakan penyakit bawaan/genetik disebabkan oleh kerusakan pada pancreas, sehingga produksi insulin menjadi tidak maksimal atau berkurang, menyerang seseorang dengan usia dibawah 20 tahun, penderitanya memiliki badan yang kurus, membutuhkan suntikan insulin.

Penyakit diabetes tipe 1 disebabkan karena pancreas tidak sanggup menghasilkan insulin yang cukup karena:

1. Genetic atau bawaan

Jika garis keturunan baik dari ayah atau ibu ada yang menderita penyakit diabetes maka anak yang diturunkan juga memiliki resiko terjangkit penyakit diabetes.

2. Infeksi virus dan zat kimia

Zat kimia atau virus tertentu yang menyebabkan kerusakan pulau langerhans pada pankreas berakibat pankreas tidak bisa memproduksi insulin secara maksimal sehingga mengacu pada penyakit diabetes.

3. Penyakit autoimun

Autoimun terjadi karena tubuh mengalami alergi terhadap suatu sel atau jaringannya sendiri, yang dimaksud adalah pancreas, sehingga tubuh kehilangan keahlian untuk memproduksi insulin akibat system imun menghancurkan sel penghasil insulin sehingga menjadikan seseorang terjangkit penyakit diabetes.

Penyakit diabetes mellitus tipe 2

Penyakit diabetes mellitus tipe 2 bisa dicegah dengan pola makan yang sehat dan rutin olahraga, disebabkan resistensi insulin dalam artian produksi insulin mencukupi akan tetapi tidak dapat bekerja secara maksimal mengontrol gula darah, menyerang pada orang dengan usia diatas 35 tahun, penderitanya memilki badan yang gemuk atau obesitas, tidak membutuhkan suntikan akan tetapi cukup dengan obat oral.

Penyebab penyakit diabetes tipe 2 antara lain:

1. Factor genetic atau keturunan

Penyakit diabetes tipe 2 timbul saat ada orang tua atau saudara kandung juga mengidap penyakit yang sama

2. Lifestyle atau pola makan yang tidak sehat

Makanan fast food, berlemak, berkolesterol dan tidak sehat dapat menjadi factor pemicu penyakit diabetes.

3. Kurang olahraga

Kurang olahraga atau aktivitas menyebabkan pembakaran tubuh terutama gula kurang efektif sehingga ditambah dengan pola makan tinggi gula akan semakin menumpuk zat gula yang tidak termetabolisme dengan baik sehingga lama kelamaan timbullah diabetes.

4. Kegemukan atau obesitas

Obesitas merupakan kondisi berat badan berlebih dengan timbunan nutrisi yang over dan tidak mampu termetabolisme dengan baik sehingga sangat rentan terhadap penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes.

5. Jarang berolahraga.

Olahraga dapat membantu tubuh membakar lemak dan gula menjadi energy, jika kurang olahraga maka timbunan gula akan terakumulasi menjadi diabetes.

Secara umum penyakit yang sering disebut gula ini memiliki “3 tanda poly” yaitu poliuria atau sering kencing, polydipsia atau sering haus, dan poliphagia atau sering lapar dan ditambah dengan penurunan berat badan dengan tanda atau gejala penyakit diabetes yang sangat kentara seperti dibawah ini:

1. Sering kencing, terutama pada saat malam hari

2. Selalu merasa lapar

3. Mudah haus dan minum banyak

4. Sering mengantuk dan mudah lelah

5. Penglihatan kabur

6. Sering kesemutan pada ekstremitas terutama kaki dan tangan

7. Berat badan turun

8. Kelainan fungsi ereksi pada pria

9. Jika terkena luka susah sembuh justru semakin parah

10. Sering megalami mual dan pusing

11. Koordinasi tubuh untuk bergerak terganggu

Bagaimana cara pencegahan penyakit diabetes

Seperti halnya penyakit lainnya, penyakit diabetes juga dapat dicegah. Nah, cara mencegah penyakit diabetes antara lain:

1. Memperbanyak aktivitas fisik untuk memetabolisme gula yang berlebih dan lemak menjengkelkan dari tubuh dengan olahraga, jalan kaki, renang, jogging, bersepeda, dll.

2. Pilihlah karbohidrat rendah kalori seperti: sayur, buah, gandum, kentang dll.

3. Lakukan kebiasaan baik dengan cukup istirahat minimal 8 jam, karena jika anda over atau kurang istirahat akan meningkatkan hasrat untuk makan berkarbohidrat yang mengenyangkan, sehingga meningkatkan resiko obesitas dan penyakit diabetes.

4. Memperbanyak asupan serat yang banyak terdapat dalam sayur, buah dan agar-agar.

5. Mengurangi asupan gula baik dari minuman maupun makanan

6. Ikuti program diet yang alami dan menyehatkan untuk menurunkan berat badan.

7. Stop merokok, bergadang dan alkohol

8. Batasi konsumsi lemak hewani seperti daging dan telur secara berlebihan

9. Memperbanyak konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan

10. Tingkatkan konsumsi susu low fat

Cara mengobati penyakit diabetes

Ketika sudah terlanjur terkena penyakit diabetes, maka cara yang ampuh tidak lain adalah dengan mengobatinya. Mengobati penyakit diabetes tentunya bukan hal yang gampang karena ini terjadi karena pola hidup sehari-hari. Jadi, cara yang ampuh pastilah dengan menerapkan cara hidup sehat sehari-hari, menghindari segala pantangan penyakit diabetes dan juga mengkonsumsi obat alami untuk penyakit diabetes seperti:

1. Mengobati penyakit diabetes dengan mengkudu

Mengkudu kaya akan proxeroni yang mampu membentuk alkaloid untuk membuka pori-pori pada sel, sehingga nutrisi akan lebih mudah terabsorbsi tubuh. Cara konsumsi mengkudu untuk mengobati penyakit diabetes adalah dengan mengambil 1 buah mengkudu kemudian di blender, dan diperas airnya kedalam gelas. Untuk menambah khasiat dan mengurangi bau anda bisa menambahkan madu.

2. Mengobati penyakit diabetes dengan daun kemangi

Daun kemangi mengandung zat yang efektif mengeluarkan insulin dari dalam tubuh, sehingga gula darah dapat teremetabolisme dengan baik dan kandungan gula dalam tubuh berangsur normal. Cara mengkonsumsi daun kemangi untuk penyakit diabetes adalah dengan dikonsumsi mentah setelah dicuci sebagai lalapan.

3. Mengobati penyakit diabetes dengan pare

Pare memiliki kandungan zat polypeptide P dan karantin yang mampu memperbaiki kinerja sel beta yang terdapat dalam pancreas sebagai penghasil insulin. Untuk mengobati penyakit diabetes dengan memblender 1 buah pare, diperas kemudian diminum.

4. Mengobati penyakit diabetes dengan teh hijau

Teh hijau mengandung zat yang mampu mengeluarkan zat yang tidak berguna dalam tubuh. Sehingga gula berlebih dapat terkontrol dengan teh hijau.

Demikian informasi tentang penyakit diabetes, sebelum terkena penyakit diabetes kita dapat mencegahnya dengan pola makan yang sehat dan bila sudah terkena kita harus berdiet agar penyakit diabetes tidak semakin parah.

Incoming search terms:

  • penyakit bawaan diabetes
  • penyakit diabetes bawaan
Loading...