penyakit ginjal

Ciri Ciri Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Diposting pada

Penyakit ginjal atau gagal ginjal merupakan suatu keadaan dimana fungsi ginjal mengalami penurunan sehingga tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya

penyakit ginjal

Penyakit ginjal dibagi menjadi dua yaitu :

1. Penyakit ginjal akut merupakan penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi dan peran ginjal secara mendadak dalam hitungan minggu bahkan hari dengan hasil pemeriksaan keratin darah dan ureum (fungsi darah) dan kandungan urea nitrogen di dalam darah yang meningkat.

2. Penyakit ginjal kronis merupakan penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi dan peran ginjal secara berangsur angsur, dan biasa terdeteksi saat kondisi berat dan tidak dapat disembuhkan.

Ciri Ciri dan gejala penyakit ginjal

Sebelum beranjak ke lainnya ada baiknya untuk mengetahui tanda dan gejala penyakit ginjal antara lain:

1. Kencing lebih sedikit dari kebiasaan

2. Perubahan warna kencing, frekuensi terutama pada malam hari, dan kencing berbusa

3. Udem atau pembengkakan pada tangan, kaku pada muka karena kegagalan atau penyakit ginjal dalam membuang kelebihan cairan

4. Cepat lelah dan lemah karena sisa metabolisme yang tidak terbuang oleh ginjal

5. Susah bernafas akibat akumulasi cairan di organ paru yang biasanya rancu dengan gagal jantung dan asma

6. Bau mulut akibat kotoran yang terakumulasi pada rongga mulut

7. Rasa pegal pada punggung

8. Nyeri ketok ginjal pada pinggul

9. Gatal pada area kaki

10. Mual, muntah dan kurang selera makan

Tanda dan gejala yang dialami orang dengan penyakit ginjal akut antara lain: nyeri pinggang yang luar biasa, nyeri saat buang air kecil, demam, sedikit kencing, hematuri atau kencing berdarah, bengkak pada kaki dan mata. Sedangkan tanda dan gejala pada penyakit ginjal kronis antara lain: lamah, penurunan nafsu makan, tidak bertenaga, mual muntah, kencing yang sedikit, bengkak, sesak nafas, gatal, dan pucat.

Kebiasaan buruk yang berakibat pada penyakit ginjal

Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab, salah satunya adalah pola hidup sehari-hari. Adapun bad habits/kebiasaan buruk yang mengantarkan seseorang menuju penyakit ginjal antara lain:

1. Kurang minum air

Penyakit ginjal bisa timbul akibat kurang minum karena ginjal berperan menyaring darah, mendetoksifikasi racun dan sampah sisa metabolisme, sehingga jika kita kurang minum air akan menyebabkan timbunan racun dan sampah akan semakin pekat sehingga ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring darah sehingga dalam kurun waktu tertentu akan menyebabkan kerusakan dan penyakit ginjal.

2. Konsumsi gula berlebih

Penyakit ginjal timbul pada orang dengan konsumsi makanan atau minuman manis karena mereka akan mendapat protein dalam urin mereka yang membuat ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik/penyakit ginjal. Gula juga memiliki daya serap air tinggi sehingga jika asupan air kurang dan orang tersebut suka mengkonsumsi yang manis maka darah orang tersebut akan menjadi pekat sehingga ginjal harus bekerja ekstra menyaring darah yang berujung penyakit ginjal.

3. Konsumsi garam berlebih

Penyakit ginjal juga muncul karena konsumsi makanan tinggi garam karena menyebabkan tensi seseorang naik yang akan membuat ginjal terbebani karena sebenarnya tekanan ginjal harus lebih tinggi dari tekanan darah. Sehingga jika tekanan darah naik maka beban ginjal untuk melaksanakan tugasnya juga akan semakin berat sehingga lama kelamaan penyakit ginjal pun muncul.

4. Konsumsi alcohol berlebihan

Alcohol memiliki efek yang membahayakan bagi tubuh terlebih jika dikonsumsi secara terus menerus, karena akan menyebabkan sirosis hepatis, meningkatkan asam lambung, menyebabkan penyakit ginjal serta liver.

5. Konsumsi cafein berlebih

Cafein pada kopi akan meningkatkan tekanan darah yang secara otomatis juga meningkatkan tekanan pada ginjal yang akan berpotensi menyebabkan kerusakan dan penyakit ginjal.

6. Kebiasaan merokok

Nikotin pada rokok sangat tidak ditolerir oleh tubuh, sehingga mampu merusak semua organ tubuh termasuk ginjal dan paru. Rokok juga mampu meningkatkan tekanan darah, denyut jantung, penyempitan pembuluh darah sehingga suplay oksigen ke ginjal berkurang berakibat penyakit ginjal.

7. Suka Menahan kencing

Menahan keluarnya air seni akan membuat ginjal terbebani sehingga memicu penyakit ginjal berupa penyakit ginjal, inkontinensia, dan batu ginjal.

8. Sering kurang tidur pada malam hari

Istirahat yang berkualitas adalah pada malam hari karena suasana tenang dan sunyi sehingga memungkinkan seseorang mendapat tidur yang cukup dan tanpa gangguan apapun. Dalam tidur malam juga terjadi perbaikan sel dan jaringan yang rusak termasuk mencegah penyakit ginjal.

9. Terlalu sering mengkonsumsi obat analgesik

Penyakit jantung juga disebabkan karena konsumsi obat analgesik atau pereda nyeri dalam jangka panjang. Konsumsi jangka panjang akan mengakibatkan banyak efek samping berupa kerusakan hati serta penyakit ginjal terutama jika tidak diimbangi dengan konsumsi air minum. Hal inilah yang menjadi pemicu penyakit ginjal.

10. Terlampau sering mengkonsumsi protein hewani dalam porsi yang tinggi

Tingginya kadar protein terutama dari daging akan meningkatkan metabolism ginjal, karena ginjal harus bekerja ekstra berat sehingga dalam jangka panjang berakibat penyakit ginjal.

11. Kekurangan mineral dan vitamin

Diet sayur dan buah segar serta makan makanan bergizi yang mengandung magnesium dan vitamin B6 sangat penting untuk mengurangi resiko pembentukan batu dan penyakit ginjal.

Cara Mencegah penyakit ginjal

Sama halnya dengan penyakit lainnya, penyakit ginjal bisa dicegah dengan banyak cara, yaitu memperbaiki kebiasaan buruk seperti :

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Air sangat membantu proses metabolism tubuh dan proses filtrasi atau penyaringan pada ginjal untuk membuang toksin dan sisa metabolisme, selain itu air juga sangat berperan mempertahankan konsentrasi dan volume darah. Sebaiknya anda mengkonsumsi paling tidak 8 gelas sehari untuk mencegah penyakit ginjal menjangkit.

2. Mengurangi asupan garam dan gula yang berlebih

Sebagai pencegahan penyakit ginjal anda bisa mensiasati penggunaan garam dengan menuangkan garam pada sayur saat di meja makan sehingga dijamin tingkat keasinan bisa diatur. Sedang untuk konsumsi gula untuk mencegah penyakit ginjal anda bisa mengganti gula pasir denga gula jagung rendah kalori.

3. Manajemen hipertensi, penyakit jantung dan diabetes

Ketiga penyakit ini sangat menyumbang penyebab terbesar penyakit ginjal. Untuk memanajemen penyakit tersebut dapat ditempuh dengan diet makanan bergizi dan cukup olahraga.

4. Hindari menahan BAK (Buang Air Kecil)

Ketika proses penyaringan kelebihan cairan hasil metabolisme disimpan sementara dalam kantong kemih, meskipun daya tampung kantong kemih besar jika hasrat BAK sudah terisi sekitar 150 ml segera pergi ke toilet agar tidak mengganggu kapasitas kantong kemih sehingga penyakit ginjal dapat terhindarkan.

5. Minum minuman yang sehat

Hindari minum alcohol, kopi, soda, teh yang membuat ginjal harus bekerja ekstra untuk membuangnya. Anda bisa meminum jus atau air kelapa untuk menghindari penyakit ginjal

6. Hindari rokok dan alcohol

Kedua asupan buruh ini sangat mengganggu keseimbangan hormone dan elektrolit tubuh sehingga mengurangi fungsi organ ginjal secara signifikan dan berakibat penyakit ginjal.

7. Rutin olahraga

Dengan rutin olahraga dan diet makanan bergizi sangat efektif menurunkan berat badan berlebih dan membuat otot ginjal lebih sehat sehingga terhindar dari penyakit ginjal

8. Hindari konsumsi obat kimia diluar intruksi dokter atau jamu tertentu

Obat dan jamu pabrik dapat meningkatkan asupan zat tertentu dalam obat dan jamu yang akan membuat organ ginjal harus bekerja ekstra menyaring darah yang berakibat gagal ginjal.

Demikian informasi tentang segera rubah sedini mungkin kebiasaan buruk yang menjadi penyebab penyakit ginjal. Semoga bermanfaat untuk anda agar bisa terhidar dari penyakit ginjal maupun yang memiliki potensi terkena penyakit ginjal. Mari berkebiasaan baik dan dapatkan ginjal yang sehat tanpa penyakit ginjal.

Incoming search terms:

  • ciri ciri ginjal berpasir
  • sakit ginjal dan rasa cepat lelah
  • akibat ginjal berpasir
  • ginjal berpasir
  • ketok ginjal
  • gejala ginjel
  • Cara meningkatkan filtrasi ginjal lemah
  • pasit ginjal
  • penyebab ginjel berpasir
  • cara getok sakit ginjal
  • penyakit ginjal bysa sanya dirasa sebelah mana dan cara mencegah nya
  • baikah ginjal untuk gula pasir
  • gagal ginjal pasir
  • epek dari ginjal berpasir
  • efek konsumsi gula pasir pada ginjal
  • ciri2i radang ginjal
  • ciri2 ginjal dan cara menghindarinya
  • ciri2 dan gejala penyakit ginjal stadium awal
  • apa efek kurang gula tuk orhan ginjal
  • urin berbusa dan cara mengatasi nya
  • apakah gula baik untuk ginjal
  • apakah keratin 7 harus banyak istirahat
  • ciri ciri gejala ginjel
  • cara mengobati punggung pegel karena ginjel lemah
  • Cara mencegah air kencing bau gatal pada ginjal
Loading...