penyakit kelamin

Penyakit Kelamin Pada Wanita Dan Gejala Yang Ditimbulkannya

Diposting pada

Menjaga kesehatan organ intim sangat penting bagi semua orang, khususnya wanita. Karena wanita lebih riskan terkena penyakit kelamin ketimbang lelaki. Penyebabnya pun sangat beraneka ragam, mulai dari paparan virus, kebiasaan hidup yang kurang sehat, dan perilaku seksual.

Gangguan yang ditimbulkan penyakit kelamin tersebut tentu saja akan mengganggu kehidupan pribadi setiap wanita. Mungkin anda akan merasa risih dengan kondisi yang sedang anda alami karena penyakit kelamin tersebut.

Selain itu anda juga akan merasakan malu jika diketahui anda mengidap penyakit kelamin, dan hal itu dapat mengganggu kehidupan sosial anda.

penyakit kelamin

Semua wanita harus menyadari sebab-sebab terjadinya penyakit kelamin tersebut agar tidak terjangkit. Tidak hanya wanita muda saja yang perlu mempelajarinya lebih jauh, tetapi juga ibu-ibu rumah tangga.

Karena pengetahuan mengenai penyakit tersebut harus diketahui sedini mungkin untuk mendeteksinya sedari dini.

Berikut ini beberapa jenis penyakit kelamin beserta gejala yang sering ditimbulkannya:

1. Keputihan

Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Namun dua macam keputihan yang harus anda ketahui, yaitu keputihan yang normal dan tidak normal. Keputihan normal belum dapat dikatakan sebagai penyakit pada kelamin. Ciri-cirinya, lendir yang keluar masih berwarna bening dan tidak berbau.

Sedangkan keputihan yang tidak normal dan bisa dikategorikan sebagai penyakit kelamin dengan ciri-ciri berwarna kekuning-kuningan, berasa gatal, dan berbau anyir. Keputihan yang tidak normal biasa keluar dalam jumlah banyak.

2. Kandidiasis

Kandidiasis merupakan penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini dapat menyerang siapa saja, khususnya anda yang memiliki imunitas rendah. Gejala dari kandidiasis ini dapat anda kenali dengan melihat gejalanya, yaitu tumbuhnya bercak-bercak putih yang berawal dari mulut rahim hingga ke mulut vagina.

Gejala lain yang ditimbulkan oleh kandidiasis adalah keluarnya cairan berwarna putih kekuningan dan disertai butiran tepung yang kadang-kadang terlihat seperti susu yang pecah.

3. Bartholinitis

Penyakit kelamin wanita selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah Bartholinitis, yaitu penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus dan basil kol sehingga mengakibatkan labium minus dan labium majus membengkak (pembengkakan kelenjar disepanjang kedua bibir vagina).

Gejala awal yang ditimbulkan oleh bartholinitis adalah nyeri hebat di area kewanitaan. Jika anda merasakan nyeri yang tak tertahankan sebaiknya anda segera cek kesehatan organ reproduksi anda ke dokter.

4. Kanker Serviks

Penyakit kelamin yang kini sedang gencar-gencarnya dibicarakan adalah kanker serviks. Kanker ini sangat berbahaya jika menjangkiti kaum wanita karena efeknya dapat menyebabkan kematian. Penyebab dari kanker serviks adalah virus Human Papilorma.

Penyakit kelamin ini dapat menyerang siapa saja, entah wanita muda maupun ibu rumah tangga yang telah berumur. Gejala yang ditimbulkan oleh kanker serviks adalah pendarahan yang terjadi setelah haid dan saat melakukan hubungan intim.

Setelah itu akan tumbuh benjolan di vagina. Penyakit kelamin kanker serviks sangat sulit untuk dideteksi karena pendarahan setelah haid dapat terjadi kapan saja dan bukan berarti anda terkena kanker. Oleh karena itu anda harus cek kesehatan organ intim secara rutin untuk mengetahui anda positif kanker serviks atau negatif.

Ciri-ciri lain dari kanker serviks adalah:

  • Keputihan yang berlebihan disertai dengan pendarahan
  • Rasa sakit dan nyeri yang sangat ketika buang air kecil
  • Darah menstruasi yang keluar tak henti-hentinya dan badan terlihat lebih kurus
  • Jika penyakit kelamin kankerserviks ini sudah di stadium lanjut, wanita akan merasakan kurang nafsu makan, mual, berat badan yang menurun drastis.

5. Herpes Genitalis

Herpes genetalis adalah penyakit kelamin wanita yang disebabkan karena hubungan seksual. Penyakit kelamin ini disebabkan oleh paparan virus HSV (Herpes Virus Hominis). Gejalanya biasa terlihat disekitar alat reproduksi, yaitu daerah anus, paha, dan bokong.

Gejala awal yang dapat anda rasakan ketika terjangkit penyakit kelamin ini adalah gatal dan panas di area tersebut pada seminggu setelah melakukan hubungan intim. Jika anda merasakan gejala yang disebutkan tersebut sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter untuk lebih jelasnya.

Seorang wanita yang terinfeksi penyakit kelamin ini (HSV) akan mengalami 3 fase gejala berikut:

  • Infeksi primer, yaitu virus masuk ke dalam penderita penyakit kelamin dan menjalar bersama DNA, setelah itu akan menjalar menuju ke saraf sensorik dan akhirnya menetap secara permanent.
  • Infeksi non primer oleh penyakit kelamin terjadi sudah lama dan tidak menimbulkan gejala seperti infeksi primer. Hal ini disebabkan tubuh si penderita memproduksi antibody sehingga penjalaran virus tidak terjadi separah seperti pada infeksi primer.
  • Infeksi rekurens yaitu virus HSV ini sudah lama mengendap di tubuh si penderita mulai aktif kembali dan menggandakan diri. keaktifan dari penyakit kelamin ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti stress, minum minuman beralkhohol, luka, kelelahan, dan konsumsi makanan yang merangsang keaktifan HSV.

6. Salpingitis

Penyakit kelamin salpingitis ini harus anda waspadai karena ini merupakan penyakit kelamin yang menyebabkan infertilitas pada wanita. Penyakit kelamin ini merupakan penyakit peradangan di saluran tuba falopi. Jika tidak segera mendapatkan perawatan maka akan terjadi peradangan permanen di area tuba falopi yang menyebabkan telur dilepaskan setiap siklus menstruasi sehingga tidak dapat bertemu dengan sperma.

7. Trikomoniasis

Penyakit kelamin trikomoniasis ini merupakan salah satu penyakit kelamin wanita muda yang aktif melakukan hubungan seksual. Proses penularan penyakit kelamin trikomoniasis ini adalah ketika berhubungan seksual secara langsung maupun tidak.

Penyakit kelamin ini ditularkan oleh virus Trichomonas vaginalis yang biasa hidup pada celana atau baju si penderita.

Penyebarannya dapat melalui baju-baju maupun celana yang dipakai oleh penderita. Oleh karena itu jangan suka berganti-ganti pakaian dengan orang lain karena dapat menyebabkan penularan penyakit kelamin.

8. Ulkus Mole

Penyakit kelamin Ulkus Mole merupakan salah satu penyakit kelamin kronis yang diakibatkan karena berhubungan seksual. Pasangan anda yang terpapar bakteri bacillus H. ducreyi dapat menularkan penyakit kelamin ini kepada anda.

Ciri umum yang terlihat ketika seorang wanita mengidap penyakit kelamin Ulkus Mole adalah terbentuknya Ulkus pada tempat masuknya alat genital wanita tersebut.

9. Servisitis Kronika

Semua wanita pasti menakuti terjangkitnya penyakit kelamin yang satu ini. Ciri umum yang disebabkan karena penyakit kelamin servisitis kronika adalah radang selaput lendir pada alat genital wanita dan memerah. Jika penyakit kelamin ini dibiarkan maka akan menimbulkan pengerasan pada salah satu selaput lendir.

Anda dapat melihat gejala dari penyakit kelamin ini yaitu timbulnya bintik-bintik putih seperti jamur pada selaput lendir yang berwarna merah yang diakibatkan karena infeksi. Bintik-bintik merah ini disebut dengan ovula nabothii.

Penyakit kelamin wanita merupakan penyakit yang harus mulai dideteksi saat wanita mulai beranjak dewasa. Penyakit kelamin wanita ini biasa mengalami perkembangan yang sangat pelan namun pasti, sehingga semua wanita harus mulai sadar akan kesehatan organ intim sejak dini.

Sebagai wanita anda harus rajin melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi anda sejak dini.

Incoming search terms:

  • macam macam penyakit rahim dan ciri cirinya
  • penyakit wanita
  • penyakit yang menyerang rahim
  • penyakit ginjal oleh candida albicans
  • penyakit pada kemaluan wanita
  • tanda2x penyakit di kemaluan wanita
  • penyakit kemaluan
  • penyakit kemaluan wanita
  • penyakit kela
  • penyakit di kemaluan wanita
  • baju yang dapat melihat kemaluan perempuan
  • penyakit pada wanita dewasa
  • penyakit reproduksi keputihan
  • macam macam penyakit kewanitaan
  • mengapa keluar bintik2 hitam dan lendir dari kemaluan perempuan merupakan tanda
  • Macam macam penyakit kel
  • sakit apa yang ciri cirinya pada daerah kewanitaannya sakit
  • jenis radang kemaluan pada wanita
  • penyakit kewanitaan
  • kemaluan perempuan nyeri ciri ciri penyakit
  • penyakit bartholinitis
  • penyakit kotor wanita
  • penyakit yg timbul pada area kewanitaan dan cirinya
  • kemaluan radang
  • penyakit di daerah kewanitaan dengan membasarnya bibir manor