buang air kecil

Penyakit Yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

Diposting pada

Penyakit Yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air KecilTubuh akan memberikan berbagai macam sinyal yang tidak seperti biasanya jika terdeteksi adanya gangguan didalamnya. Salah satunya adalah dengan intensitas buang air kecil. Jika anda merasakan intensitas buang air kecil yang lebih sering dari biasanya, maka bisa jadi terdapat gejala penyakit yang sedang menggerogoti tubuh anda. Buang air kecil merupakan salah satu kondisi normal dimana siklus pencernaan anda normal berjalan. Dan intensitas normal orang normal dalam buang air kecil adalah kisaran 2 hingga 3 kali dalam satu hari.

Salah satu sebab mengapa intensitas buang air kecil lebih besar dari biasanya adalah karena faktor tubuh sedang merespon kondisi eksternal maupun internl tubuh. Kondisi organ tubuh yang abnormal, tentunya akan berdampak pada intensitas buang air kecil yang berlebihan. Banyak penyakit yang bisa menjadi sebab mengapa anda sering buang air kecil, seperti misalnya radang kandung kemih hingga diabetes melistus. Dan berikut ini merupakan beberapa penyakit yang menjadi sebab seringnya anda buang air kecil yang perlu untuk anda ketahui.

buang air kecil

Penyakit Yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

  1. Diabetes Melistus

Salah satu penyebab anda sering buang air kecil bisa jadi karena anda mengidap penyakit diabetes melistus. Ini merupakan salah satu ciri-ciri diabetes tipe satu dan juga tipe kedua. Hal ini dikarenakan kemampuan ginjal dalam memproses insulin dalam darah, sehingga sebagian besar gula dibuang melalui urine. Hal inilah yang menyebabkan intensitas buang air kecil anda menjadi lebih sering. Selain seringnya buang air kecil, anda juga akan mengalami gejala mudah lelah dan lemas, serta penurunan berat badan yang signifikan. Maka perlu sekali diwaspadai jika anda mengalami ciri-ciri yang demikian, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

  1. Kanker Prostat

Selain diabetes melistus, prostat juga merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab seringnya buang air kecil. Prostat ini sendiri merupakan sebuah saluran yang berada dibawah kandung kemih. Fungsi dari saluran prostat ini sendiri adalah sebagai tempat pembentukan sperma. Kanker prostat adalah kondisi dimana saluran prostat membesar dan menyebabkan tekanan pada uretra. Inilah yang akan menghalangi aliran urin. Akibatnya anda akan sering mengalami buang air kecil dengan intensitas yang sedikit.

  1. Radang kandung kemih

Infeksi atau peradangan pada kandung kemih jugamerupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab seringnya buang air kecil. Peradangan kandung kemih bisa disebabkan karena infeksi bakteri atau kuman, serta terlalu lama menahan buang air kecil.  Biasanya intensitas buang air kecil yang terjadi karena peradangan pada kandung kemih adalah sering serta dengan volume yang sedikit, disertai dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

  1. Batu ginjal

Penggumpalan urin yang kemudian akan mengkristal dan membentuk batu pada ginjal, inilah yang disebut sebagai batu ginjal. Hal ini akan menghambat pencernaan serta proses urine untuk keluar tubuh. Biasanya pembentukan batu ginjal disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti terlalu sering dan lama menahan buang air kecil, dan juga terjadinya infeksi di dalam ginjal. Dan jika hal ini tidak ditangani secara serius maka akan berdampak pada infeksi ginjal yang tentu saja sangat berbahaya.

 

Demikian beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab seringnya buang air kecil. Maka dari itu, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter jika mengalami gejala yang demikian. Karena dengan mendapatkan penanganan yang sedini mungkin kemungkinan untuk sembuh juga sangat besar pula. Semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

  • anything
  • selalu buang air kecil deng
  • sakit tipes sering kencing
  • Penyebab sering buang air kecil
  • penyakit yg sering buang airvkel
  • pengelihatanbkabur sering buang air kecil falam jumblahvuang besarvmudahvlapar lemas mudah lelah meras hausbkadar gula darahbyav210 mg
  • kanker yg gejalanya sering BAK volume sedikit
  • kanker yang menyebabkan sering kencing adalah
  • banyak buang air kecil akan mengalami gejala ap
  • Apa tipes membuat sering kencing
  • sering buang air kecil dalam volume banyak namun tidak sakit