Penyebab Bau Mulut Dan 4 Cara Mudah Mengatasinya               

Diposting pada

Bau mulut yang secara medis juga dikenal dengan sebutan halitosis atau malador ini bisa membuat rasa percaya diri seseorang menurun dan bisa sangat memalukan serta mengganggu kenyamanan orang-orang sekitar. Sebagian orang tidak menyadari masalah bau mulut yang mereka miliki, terkadang orang-orang sekitar juga enggan untuk memberitahu tentang masalah bau mulut yang di miliki oleh orang lain karena malu ataupun takut menyinggung perasaan.

Tapi dampak buruknya, orang yang memiliki masalah bau mulut bisa dijauhi oleh orang-orang sekitarnya yang tidak nyaman berada di dekatnya. Dan ini bisa menjadi masalah hubungan sosial yang sangat serius di kemudian hari.

cara mengatasi bau mulut

Sebenarnya masalah bau mulut ini masih bisa diatasi dengan cukup mudah, diantaranya dengan rajin menggosok gigi dan menghindari konsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut berlebihan.

Penyebab bau mulut yang utama biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut Anda yang menyebabkan radang dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan juga bisa menyebabkan bau mulut. Semua orang pasti pernah mengalami bau mulut seperti ketika bangun di kala pagi hari.

Penelitian juga menunjukkan bahwa 80% bau mulut biasanya berasal dari sumber oral misalnya seperti penyakit gusi atau berasal dari rongga yang mengalami infeksi seperti amandel dan juga di karenakan tambalan gigi retak serta gigi palsu yang jarang di bersihkan. Beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit hati, infeksi saluran pernafasan, dan juga bronkitis juga bisa menyebabkan masalah bau mulut.

Untuk mengatasi bau mulut yang timbul, Anda bisa melakukan 4 cara berikut ini :

  1. Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut yang terjaga dengan baik merupakan salah satu kunci utama agar Anda tidak memiliki nafas yang bau. Sikat gigi Anda secara rutin di pagi hari dan setelah makan dapat mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

  1. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur bisa mencegah gigi berlubang dan mengurangi bakteri penyebab plak gigi serta mampu mencegah bau mulut.

  1. Jagalah Kualitas Makanan Anda

Apa yang Anda konsumsi bisa mempengaruhi bau nafas Anda, hal ini di sebabkan karena makanan yang dicerna oleh tubuh akan di diserap ke dalam aliran darah dan akan dikeluarkan oleh paru-paru ketika Anda bernafas. Makanan cepat saji dan rendah karbohidrat bisa membuat bau tidak sedap bagi nafas Anda.

  1. Konsumsi Sayuran

Makan wortel mentah, seledri dan juga apel juga bagus untuk mengatasi masalah bau mulut. Hindari mengkonsumsi bawang putih, bawang merah, dan beberapa makanan pedas lainnya.

Selain yang tersebut di atas, masih banyak lagi cara untuk mengatasi bau mulut seperti mimun susu, jika Anda terpaksa tidak bisa menggosok gigi setiap habis makan maka jagalah mulut Anda agar selalu dalam keadaan terhidrasi. Jangan minum kopi terlalu banyak, hindari juga merokok serta konsumsi alkohol. Sebagai gantinya Anda bisa mulai mencoba mengkonsumsi teh hijau atau teh herbal. Mengunyah permen karet bebas gula juga efektif mencegah bau mulut Anda.

 

 

Loading...