penyakit kanker serviks

Penyebab, Gejala Dan Ciri – Ciri Penyakit Kanker Serviks

Diposting pada

Penyakit kanker serviks – Kanker sebagian besar memang menyerang wanita dan lebih sedikit yang menyerang pria. Hal ini akibat organ tubuh perempuan yang begitu kompleks.

Salah satu kanker yang memiliki angka yang relatif fantastik adalah kurang lebih 15000 menyerang perempuan Indonesia adalah penyakit kanker serviks, dimana tidak kurang dari 55% penderita penyakit kanker serviks meninggal akibat kurangnya kesadaran dan penanganan sejak dini.

Sehingga kita sebaiknya sebagai seorang perempuan harus waspada dan mawas diri agar kita maupun orang yang kita sayangi tidak terjangkit penyakit kanker serviks.

penyakit kanker serviks

Penyebab penyakit kanker serviks adalah HPV atau Human Papilloma Virus 16 dan 18 yang memakan waktu cukup lama sekitar 10-20 tahun dari mulai proses infeksi sampai terjangkit penyakit kanker serviks.

Vaksinasi kanker serviks sangat disarankan sebagai tindakan penapisan, karena seringkali proses infeksi ini tidak disadari oleh penderita karena mayoritas penderita penyakit kanker serviks berlangsung tanpa gejala.

Deteksi dini kanker serviks adalah dengan teks papsmear untuk mengetes keabnormalan tes pada rahim, tes ini sangat dianjurkan bagi wanita yang sudah menikah.

Ciri- Ciri dan Gejala Penyakit Kanker Serviks

1. Pendarahan tidak normal vagina

Hal ini merupakan gejala umum dengan mengantisipasi darah saat menstruasi, perdarahan pasca berhubungan seks, bercak antara periode haid. Pendarahan yang abnormal terjadi tanpa alasan dan tiba-tiba dengan segera memeriksakan kondisi tersebut ke klinik terdekat sebagai atisipasi penyakit kanker serviks.

2. Keputihan

Perhatikan setiap cairan yang keluar pada vagina anda, jika anda merasakan hal yang janggal misal saat keputihan terjadi sangat banyak, sering, bau, gatal dan berwarna kuning bahkan hijau. Karena keputihan yang tidak wajar bisa mengacu pada penyakit kanker serviks.

3. Nyeri pada panggul

Nyeri ini bisa timbul akibat aktivitas fisik, menstruasi bahkan kanker serviks. Karena serviks sendiri terletak pada organ abdomen bagian bawah, sehingga nyeri pada panggul dapat diduga sebagai penyakit kanker serviks.

4. Nyeri saat berhubungan seks

Waspadai nyeri saat hubungan seks, karena bisa jadi anda menderita penyakit kanker serviks.

5. Gangguan pencernaan

Saat anda merasa terdapat benjolan, sebelit yang kronis, dan sakit saat BAB bersegeralah ke klinik untuk memastikan penyebabnya, jangan-jangan akibat kanker serviks.

6. Susah BAK (buang air kecil)

Ketika anda mengalami sakit atau sulit BAK atau frekuensi air kencing meningkat maka segeralah pergi ke dokter untuk cek up karena bisa jadi anda terkena Infeksi Saluran Kencing atau kandung kemih, akan tetapi untuk memastikan penyakit yang sebenarnya kepada yang lebih ahli, karena ditakutkan akibat infeksi virus penyebab penyakit kanker serviks.

7. Kehilangan nafsu untuk makan

Penurunan nafsu makan secara mendadak dapat mengacu pada penyakit kanker serviks.

Faktor lain sebagai pemicu Penyakit kanker serviks

Faktor lain yang menimbulkan penyakit kanker serviks merupakan faktor pendukung seseorang terjangkit kanker serviks antara lain:

1. Faktor alami

Faktor alami penyebab penyakit kanker serviks antara lain wanita dengan usia lebih dari 40 tahun, semakin tua usia seseorang semakin tinggi beresiko terkena kanker serviks. Faktor genetic tidak begitu berperan besar menyumbang kanker serviks, akan tetapi bukan menjadi acuan bahwa keluarga bebas kanker serviks aman dari jangkitan penyakit kanker serviks.

2. Faktor kebersihan

  • PMS atau penyakit menular seksual yang merupakan penyakit yang menular akibat hubungan seks seperti gonoroe, sifilis, virus HPV, HIV Aids, herpes simpleks. Jadi berhati-hatilah saat anda akan memilih patner hidup selamanya jangan sampai dia membawa virus penyebab penyakit kanker serviks.
  • Keputihan yang terus terusan tetapi diabaikan tanpa diobati. Keputihan dibagi menjadi dua yaitu normal dan abnormal. Keputihan yang normal terjadi dengan lender berwarna jernih, tidak gatal dan tidak bau. Jika anda mengalami hal tersebut malah sebaliknya maka segeralah ke dokter karena bisa jadi merupakan gejala awal penyakit kanker serviks.
  • Membersihkan kemaluan dengaan air yang tidak terjaga kebersihannya seperti toilet umum yang tidak terjaga kebersihannya atau air yang berkuman sehingga jika masuk ke vagina akan menginfeksi serviks dan berakibat penyakit kanker serviks.

3. Faktor pilihan

Faktor ini merupakan faktor yang ditentukan oleh diri sendiri antara lain: hubungan seks pertama kali di usia yang masih sangat dini, berganti-ganti pasangan seks karena patner yang lebih dari satu mampu meningkatkan resiko PMS dan HPV, melahirkan lebih dari 5 kali karena bayi lahir pasti melewati serviks sehingga jika terlalu sering berakibat trauma pada serviks yang lama kelamaan akan menimbulkan penyakit kanker serviks.

Penyebab Penyakit kanker serviks

Penyebab penyakit kanker serviks dapat terjadi akibat kebiasaan kita yang tidak sehat antara lain:

1. Merokok dan minum alkohol

Nikotin yang mengalir dalam darah akan mengalir kesetiap sel di seluruh tubuh termasuk ke mulut rahim atau serviks yang begitu peka terhadap zat nikotin yang sangat begitu efektif merangsang pertumbuhan sel yang abnormal yang menjadi bibit munculnya sel kanker pada serviks.

Hindari merokok, bahkan tempat yang tercemar asap karena menjadi perokok pasif malah lebih berbahaya untuk tubuh. Alcohol juga membuat tubuh rentan akan infeksi HPV sehingga akan menjurus pada penyakit kanker serviks. Selain kanker serviks merokok juga dapat menyebabkan penyakit kanker jenis lainnya yang lebih berbahaya.

2. Pembersih bagian “V”

Bahan kimia pada pembersih “V” dapat menimbulkan iritasi pada miss “V”, memang setiap wanita akan tergoda menggunakan cairan pembersih tersebut untuk membasmi kuman pada miss “V”, akan tetapi ada yang perlu diingat pada miss “V “ juga terdapat kuman basillus doderlain sebagai produsen asam laktat untuk melumasi vagina. Jadi beralihlah ke herbal dan alami untuk mengantisipasi penyakit kanker serviks.

3. Menabur bedak pada organ kewanitaan

Menaburkan bedak mungkin membuat organ kewanitaan lebih kesat dan wangi, akan tetapi jika satu butir saja bedak menempel pada serviks akan mengalami infeksi dan luka pada ovarium yang mampu mengacu pada penyakit kanker serviks.

4. Kurang vitamin

Vitamin yang alami banyak terdapat dalam buah dan sayur, kandungan antioksidan yang mampu menangkis radikal bebas, asam folat dan vitamin C yang mampu memperbaiki sitem imun dan menangkis kuman yang menjangkit tubuh termasuk mencegah sel penyakit kanker serviks.

5. Konsumsi lemak berlebih

Lemak berpotensial menghasilkan hormon estrogen, jika tubuh terpapar makanan berlemak maka estrogen pun melimpah. Saat endometrium atau badan rahim terpapar estrogen maka akan mempercepat perwujudan sel menjadi ganas atau penyakit kanker serviks.

6. Hubungan seksual dibawah usia 17 tahun

Pada usia tersebut perubahan sel dalam serviks sangat aktif, sehingga ketika sedang aktif membelah ada benda sing masuk baik alat kelamin pria maupun sperma akan berakibat luka yang mengacu pada perkembangan sel abnormal yang berakibat kanker serviks.

7. Sering mengkonsumsi makanan berzat kimia berbahaya

Zat kimia sangat efektif memicu pertumbuhan sel kanker salah satunya kanker serviks. Zat berbahaya tersebut sering ditambahkan pada makanan disekitar kita, jika tidak jeli makanan yang harusnya menyehatkan justru berbalik menjadi racun mematikan. Zat berbahaya tersebut antara lain: pewarna, pengawet, pemanis makanan, boraks, formalin dan zat aditif.

Sebagai anti kanker alami untuk mencegah dan mengatsi kanker serviks kita bisa memanfaatkan daun sirsak dan kulit manggis. Sebagai penangkis kanker serviks kita bisa mengolahnya sendiri maupun membeli ekstraknya pada toko herbal maupun apotik di sekitar kita.

Demikian informasi seputar penyakit kanker serviks. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • penyebab kangker serviks
  • penyebab kangker servik
  • kangker serviks
  • Kanker servic
  • penyebab kanker servik
  • penyebab kangker servic
  • Penyebab kanker serviks
  • kangker servik
  • bila anak usia 6 th mengalami flek kekuningan dikemaluannya apa bisa menyebabkan penyakit kanker servik
  • apa penyebab kangker serviks
  • gejala kanker servic
  • ciri ciri kanker serviks
  • apa penyebab kangker servik
  • gejala kangkeR servik
  • Ciri ciri kangker servik
  • penyebab penyakit kanker serviks
  • kanker serviks penyakit kotor
  • gejala kangker serviks
  • penyebab kangker mulut rahim
  • ciri ciri pria yang menularkan kanker servik
  • gejala gejala kangker servik
  • kangker servic
  • ciri kanker serviks
  • gejala sebelit
  • Kanker rahim bsa menyerang pda usia