Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Diposting pada

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia – Insomnia, bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini, insomnia sendiri merupakan suatu gangguan kesehatan yang mana penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur. Selain itu insomnia juga dapat diartikan sebagai kondisi seseorang yang mengalami kualitas tidur yang buruk dengan gangguan fungsional yang terjadi pada siang hari. Seseorang biasanya baru bisa didiagnosa sebagai penderita insomnia jika sudah mengalami susah tidur selama lebih dari tiga hari.

Insomnia sendiri tergolong suatu masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh manusia, berdasarkan penelitaian yang dilakukan oleh National Institute of Health, paling tidak sekitar 30 persen dari total populasi mengalami gangguan sulit tidur ini dengan persentasi lebih banyak dari kaum wanita jika dibandingkan dengan kaum pria. Masalah gangguan sulit tidur atau insomnia ini biasanya terjadi pada usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada usia muda, berikut akan kami ulas penyebab dan cara mengatasi insomnia.

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab Insomnia

  1. Gangguan Psikis

Penyebab insomnia yang pertama adalah karena gangguan psikis yang Anda alami sehingga akan mengakibatkan stres, rasa cemas yang berlebihan, dan sebagainya yang mana tentu saja hal ini akan membuat otak Anda akan terus terjaga sehingga Anda tidak bisa tidur. Kondisi seperti ini biasanya dipicu karena aktivitas yang terlalu padat sehingga tubuh Anda menjadi tegang.

  1. Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan juga bisa menjadi penyebab terjadinya insomnia adalah karena Anda sedang mengalami gangguan kesehatan seperti misalnya asma, radang sendi hingga flu yang menyebabkan hidung tersumbat sehingga membuat Anda sulit untuk tidur. Sedangkan untuk kaum wanita, insomnia yang sedang Anda alami bisa saja terjadi karena menopause sehingga terjadi gangguan hormonal.

  1. Faktor Lingkungan

Penyebab insomnia yang ketiga adalah disebabkan oleh faktor lingkungan, ada berbagai macam faktor lingkungan yang menyebabkan Anda sulit untuk tidur di antaranya adalah suara yang bising, menyalakan lampu yang terlalu terang, dan berbagai hal lainnya yang dapat membuat Anda sulit untuk tidur, namun jika lingkungan sudah kondusif maka insomnia akan hilang.

 

Cara Mengatasi Insomnia

  1. Mendengarkan Musik

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan mendengarkan musik, namun Anda juga harus memilih jenis musik yang akan Anda dengarkan. Anda bisa memilih berbagai macam musik dengan irama yang lembut seperti misalnya musik klasik sehingga dengan mendengarkan musik ini maka pikiran dan tubuh Anda akan rileks dan mudah untuk tidur.

  1. Matikan Lampu

Mematikan lampu di kamar tidur Anda juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia, kondisi kamar yang gelap akan membantu tubuh dan pikiran Anda untuk menjadi lebih rileks sehingga Anda secara perlahan akan mengantuk dan mudah untuk tidur, jika Anda takut gelap maka Anda juga bisa mengganti lampu tidur yang cahayanya temaram.

Bagi Anda yang sedang mengalami gangguan insomnia maka Anda bisa mencari tahu penyebab dan cara mengatasi insomnia yang telah diulas pada artikel di atas.

Incoming search terms:

  • apa akibat kanker servik