Penyebab dan Pengobatan Alami Penyakit Liver

Penyebab dan Pengobatan Alami Penyakit Liver

Diposting pada

Penyebab dan Pengobatan Alami Penyakit Liver – Pada dasarnya banyak hal yang mampu memicu penyakit liver. Maka tak heran bila pandangan masyarakat selalu menganggap penyakit liver sulit untuk disembuhkan. Tidak sedikit orang yang mengatakan penyakit liver ini dengan istilah penyakit kuning. Dimana penyakit hati tersebut kerap menyerang sistem organ di dalam tubuh. Tentu saja akan berdampak buruk terhadap sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa organ yang paling sering diserang liver adalah fungsi hati. Sesungguhnya kegunaan hati yang dapat menyaring darah perlu kestabilan, namun tidak demikian bagi penderita penyakit kuning. Dengan begitu sistem metabolisme pada tubuh menjadi tidak terkendali. Jangan sampai terjadi komplikasi terberat hingga timbul pengerasan liver. Ketahuilah penyebab dan pengobatan alami penyakit liver berikut ini.

Penyebab dan Pengobatan Alami Penyakit Liver

Penyebab dan Pengobatan Alami Penyakit Liver

Penyebab Penyakit Liver

  • Infeksi

Virus menjadi mikroorganisme  yang menjadi penyebab penyakit liver. Virus hepatitis ada 5 macam yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E. Virus ini menjadi penyebab penyakit kuning yang tersering mewabah di suatu daerah. Penggunaan obat terlarang, jarum suntik dan perilaku seksual yang buruk termasuk sistem penularan virus penyakit tersebut.

  • Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol mampu berpengaruh pada organ hati untuk menjadi berlemak atau kerap disebut sebagai perlemakan hati. Bisa dikatakan penyebab dari adanya liver ini mengakibatkan penyakit liver yang terjadi secara tiba-tiba atau akut. Oleh karena itu, hindari minuman alkohol yang membahayakan anggpta tubuh kita sendiri.

  • Obat-obatan

Siapa sangka konsumsi obat-obatan tertentu bisa menimbulkan penyakit liver. Beberapa di antaranya adalah obat bagi penderita TBC, antibiotik yang kaya akan kandungan sulfonamide, serta obat anti kejang yang mengandung fenitioin. Ada baiknya berkonsultasi dengan pihak medis mengenai keadaan kesehatan anda, jangan sampai kulit tampak kuning.

Pengobatan Alami Penyakit Liver

1.Temulawak

Tanaman herbal temulawak mempunyai kandungan berupa curcumin yang bermanfaat alami untuk anti inflamasi atau anti radang. Tak hanya itu, temulawak juga mengandung antihepatotoksin yang berkhasiat sebagai pelindung hati dari adanya peradangan. Anda hanya tinggal menyiapkan temulawak dan mengolahnya untuk kemudian dikonsumsi teratur.

  1. Pegagan

Selanjutnya ada jenis tanaman pegangan yang mengandung natrium, zat samak, asiaticoside, brahmic acid, dan magnesium. Duan pegangan ini berguna dalam proses regenerasi sel-sel liver yang telah rusak agar kembali sehat. Anda hanya perlu mengambil sekitar 15 daun pegangan. Kemudian direbus ke dalam 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan setelahnya untuk dikonsumsi setiap 2 kali sehari.

  1. Sambiloto

Obat tradisional yang yang terakhir adalah sambiloto dengan kandungan bernama zat andrographolid. Adapun fungsinya mampu merusak inti sel tumor sekaligus meningkatkan sel daya imun tubuh. Selain itu, bermanfaat sebagai perangsang fagositosis yang merupakan kemampuan sel untuk  bekerja membunuh benda asing berupa virus dan bakteri pada tubuh.

Mungkin apa yang telah kami bagian pada pada seputar info dari Penyebab dan Pengobatan Alami Penyakit Liver akan bermanfaat baik bagi kita semua. Bagikan tulisan artikel ini jika dianggap penting kepada orang-orang yang dikasihi.