Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Kanker Darah

Diposting pada

Penyakit.id – Pada dasarnya, kanker darah merupakan jenis kanker yang mempengaruhi produksi serta fungsi dari sel darah. Untuk itu kami akan mengulas tentang penyakit kanker darah, mulai dari  pengertian, penyebab, gejala dan pengobatan kanker darah secara detail.

Pengertian Kanker Darah

Seperti diketahui, bahwa sumsum tulang belakang yang merupakan tempat produksi darah dalam tubuh manusia akan berkembang menjadi tiga jenis sel darah, sel darah merah, sel darah putih dan keping darah yang tentunya memiliki fungsi masing-masing. Namun, jika terjadi gangguan terhadap perkembangan sel darah, maka akan timbul sel darah yang bertumbuh secara abnormal yang dikenal juga dengan sebutan sel kanker.

kanker darah
sumber: halodoc.com

Seorang penderita kanker darah, dalam sumsum tulang belakangnya memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang berlebihan. Hal tersebut membuat terjadinya penumpukan yang berakibat jumlah sel darah yang normal menjadi semakin berkurang.

Padahal seperti diketahui, bahwa sel darah putih memiliki fungsi utama untuk melawan infeksi, namun karena jumlahnya yang berlebihan, bukan hanya tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal malah membuat sel darah yang sehat semakin berkurang.

Penyebab Kanker Darah

Berbicara mengenai penyebab, gejala dan pengobatan kanker darah, maka sebenarnya untuk penyebab pastinya, hingga kini belum diketahui. Hanya saja, para ahli menduga bahwa terjadi mutasi DNA dalam sel darah putih sehingga menyebabkan perubahan tindakan setiap sel. Selain itu, terjadinya perubahan sel darah putih juga diduga karena adanya faktor gen dan lingkungan yang dapat memicu terjadinya kanker darah.

Gejala

Sementara itu, untuk gejala kanker darah juga terbilang tidak bisa dipastikan sebab ada berbagai gejala yang akan muncul dan sangat beragam gejalanya, diantaranya seperti gejala yang menyerupai flu atau penyakit ringan lainnya misalnya: demam, menggigil, sakit kepala, keringat berlebihan di malam hari, berat badan turun, muntah, tubuh terasa lemas, nyeri sendi dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, Anda perlu mewaspadai berbagai gejala umum yang sudah berhari-hari muncul namun tidak kian mereda. Namun, biasanya ada juga gejala khusus dari kanker darah, contohnya seperti mudah mengalami pendarahan biasanya berupa sering mimisan atau memar serta muncul bintik merah pada kulit.

Pengobatan Kanker Darah

Setelah mengetahui penyebab dan gejalanya, maka Anda juga perlu mengetahui seperti apa pengobatan kanker darah. Seorang dokter pastinya akan terlebih dahulu melakukan diagnosa secara detail dan teliti sebelum kemudian mendiskusikan langkah pengobatan yang tepat, sesuai dengan usia, kondisi kesehatan dan tentunya jenis dan stadium kanker darah yang diderita pasien.

Umumnya, metode pengobatan yang akan dilakukan meliputi 3 cara, yaitu:

  • Kemoterapi

Pengobatan yang menggunakan berbagai bahan kimia yang dapat membunuh sel kanker

  • Radioterapi

Pengobatan yang memanfaatkan sinar X untuk menghambat dan sekaligus menghancurkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh pasien. Radioterapi dapat dilakukan hanya pada area tertentu ataupun seluruh tubuh pasien. Metode pengobatan ini juga biasanya digunakan untuk mengawali proses transplantasi sel induk.

  • Transplantasi sel induk

Metode pengobatan ini dilakukan dengan proses pembedahan, mengganti sumsum tulang yang terkontaminasi sel kanker denga

Loading...