Penyebab Gigi Berlubang yang Belum Banyak Diketahui Orang

Penyebab Gigi Berlubang yang Belum Banyak Diketahui Orang

Diposting pada

Penyebab gigi berlubang memang ada banyak sekali. Namun pada umumnya orang-orang hanya mengetahui bahwa penyebab gigi berlubang adalah jarang menyikat gigi dan juga sering makan makanan yang manis.

Padahal faktanya, masih ada banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan juga menjadi penyebab gigi berlubang. Yang lebih lucunya lagi, beberapa kebiasaan yang selama ini kita anggap menyehatkan justru dapat memicu terjadinya gigi berlubang.

Bagi anda yang belum mengalami masalah gigi berlubang maupun anda yang sudah terlanjur mengalaminya, sebaiknya anda hindari kebiasaan-kebiasaan lain yang bisa menjadi penyebab gigi berlubang tersebut.

Apa saja kebiasaan lain yang bisa menjadi pemicu gigi berlubang itu? Baca lebih lanjut informasinya di artikel ini.

Penyebab Gigi Berlubang yang Belum Banyak Diketahui Orang

3 Kebiasaan Penyebab Gigi Berlubang yang Masih Sering Dilakukan

Anda memang sudah rajin menyikat gigi, anda mungkin juga sudah mengurangi konsumsi makanan manis. Namun kenapa gigi masih saja berlubang?

Kemungkinan besar anda masih melakukan beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab gigi berlubang. Berikut ini adalah kebiasaan yang sebaiknya mulai anda hindari:

  1. Sering meminum minuman yang terlalu dingin atau panas

Kebiasaan yang juga dapat menyebabkan gigi berlubang pertama adalah sering meminum minuman yang terlalu dingin atau panas.

Jika anda sering mengkonsumsi minuman yang terlalu dingin atau panas, maka berhati-hatilah karena kebiasaan tersebut membuat gigi anda menjadi rapuh dan sangat mudah berlubang.

Hal ini semakin bertambah parah jika anda sering mengkonsumsi makanan atau minuman panas dan dingin dalam jangka waktu yang cukup singkat.

Mulai sekarang, ada baiknya anda menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas maupun dingin.

  1. Terlalu sering berkumur menggunakan cairan pembersih gigi

Cairan pembersih gigi memang dibuat untuk membantu mengurangi kerak yang menempel di gigi. Selain itu, cairan tersebut juga membantu mematikan kuman-kuman yang ada di mulut.

Namun demikian, sangat tidak tepat jika anda terlalu sering berkumur menggunakan cairan pembersih gigi tersebut. Kenapa? Karena cairan pembersih gigi memiliki kandungan yang cukup keras.

Jika digunakan terlalu sering, cairan pembersih gigi tersebut juga bisa membuat lapisan pelindung gigi rusak dan menyebabkan gigi berlubang.

  1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam

Banyak orang yang menganggap bahwa mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung asam itu menyehatkan lambung.

Hal itu memang benar. Tidak salah memang mengkonsumsi buah asam seperti lemon. Namun sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam.

Karena makanan ataupun minuman yang mengandung asam dapat menipiskan lapisan pelindung gigi. Jika terus dilakukan, lama kelamaan gigi anda tidak akan memiliki lapisan pelindung lagi.

Jika sudah tidak ada lapisan pelindung, maka bakteri akan dengan mudah menyerang kesehatan gigi dan menyebabkan gigi anda berlubang.

Jadi sudah paham bukan bahwa penyebab gigi berlubang itu bukan hanya karena tidak rajin sikat gigi dan terlalu sering makan makanan yang manis? Penyebab gigi berlubang sebenarnya juga dikarenakan kita salah memahami kebiasaan-kebiasaan sehat selama ini.

Incoming search terms:

  • aneka tips sehat manfaat