penyebab kanker darah

Penyebab Kanker Darah Dan Tips Mencegah

Diposting pada

Penyebab kanker darah yang disebabkan karena ganasnya sel darah yang sumbernya   atau asalnya berasal dari sumsum tulang. Kanker darah atau yang dalam bahasa lainnya disebut dengan leukemia adalah penyakit kanker yang terdapat pada darah atau juga ada di sumsum tulang. Kanker darah ditandai dengan perbanyakan secara tidak normal dari sel pembentuk darah pada sumsum tulang dan jaringan limfoid yang pada umumnya terjadi pada sel darah putih. Dalam kata lain sel-sel normal yang ada di dalam sumsum tulang digantikan dengan sel yang tak normal. Sel yang tidak normal ini keluar dan mempengaruhi proses pembentukan sel darah yang normal maupun pembentukan imunitas pada tubuh. Kejadian penyakit kanker darah atau leukemia dapat dibagi menjadi menjadi empat tipe klasifikasi, yaitu:

 

penyebab kanker darah

  • Leukemia Limfositik Akut

Leukemia tipe ini merupakan tipe kanker darah yang banyak ditemui pada penderita anak-anak. Dalam beberapa kasus tipe kanker darah ini juga terdapat pada orang yang sudah berumur 65 tahun ataupun lebih.

  • Leukemia Mielositik Akut

Biasanya lebih sering diderita oleh orang dewasa daripada anak-anak.

  • Leukemia Limfositik Kronis

Kanker darah tipe ini lebih sering ditemukan diderita oleh orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 55 tahun. Terkadang juga diderita oleh orang dewasa maupun muda, tetapi kasus ini hampir tidak ada pada penderita anak-anak.

  • Leukemia Mielositik Kronis

Kasus ini lebih sering terdapat pada orang dewasa dan bisa juga terjadi pada penderita anak-anak namun jumlahnya sangat sedikit

Penyebab Leukemia

Sebenarnya penyebab kanker darah belum dapat diketahui secara pasti. Tetapi penyebab kanker darah sudah dapat diketahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi dari leukemia tersebut, seperti sebagai berikut:

  • Terkena radiasi

Terkena paparan radiasi sebenarnya dapat meningkatkan peluang frekuensi dari Leukemia Limfositik Akut dan frekuensi dari Leukemia Mielositik Akut. Tetapi tidak ada laporan yang menunjukkan mengenai hubungan tentang paparan radiasi dengan Leukemia Limfositik Kronis. Tetapi paparan radiasi yang terkena tubuh secara terus berlanjut juga dapat menyebabkan resiko terkena kanker darah. Paparan radiasi ini tidak terbatas pada perseorangan atau individu yang sedang menjalani proses kemoterapi atau terapi radiasi lainnya tetapi juga bisa terkena pada kelompok seperti pekerja atau warga daerah yang terdampak.  Ada beberapa laporan yang mendukung tentang paparan radiasi yang menjadi penyebab kanker darah:

  1. Para pegawai yang bekerja di radiologi lebih sering menderita kanker darah
  2. Kanker darah atau leukemia banyak ditemukan pada korban hidup di kejadian bom atom di Hiroshima dan Nagasaki Jepang.
  • Terkena zat kimia

Ada beberapa zat kimia yang sudah diidentifikasi dapat menjadi penyebab kanker darah. Sebenarnya banyak contoh sehari-hari zat kimia penyebab kanker darah dalam kehidupan kita seperti makanan yang dikonsumsi yang mengandung bahan kimia, maupunn buah dan sayuran yang menggunakan zat kimia pengembang tumbuhan, penggunaan pupuk kimia penyubur tanaman, bahan pengawet makanan dan lain sebagainya. Untuk menghindari penyebab tersebut dapat kita hindari dengan membeli sayuran dan buah organic yang menggunakan bahan pendukung alami, meskipun harganya relative mahal namun dijamin keamanannya. Berikut beberapa contoh zat kimia yang dapat menyebabkan munculnya leukemia:

  • Zat kimia seperti benzene yang merupakan racun lingkungan
  • Insektisida atau bahan kimia industry
  • Obat yang digunakan untuk chemotherapy
  • Pola hidup dan kebiasaan yang tidak sehat

Kebiasaan yang tidak sehat merupakan salah satu faktor penyebab kanker darah. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok dan sering meminum minuman yang mengandung alcohol merupakan salah satu penyebab kanker darah. Jika anda mempunyai pola hidup atau kebiasaan yang tidak sehat tersebut, sebaiknya segeralah dikurangi dan dihentikan.

Tips untuk menghindari terkena kanker darah

Berikut ada beberapa tips untuk anda guna mencegah anda terkena penyakit kanker darah atau leukemia, simak tips berikut:

  • Melakukan pola hidup dan kebiasaan yang sehat

Dengan melakukan pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang sehat dan teratur serta tidur dengan porsi yang cukup akan dapat menghindarkan anda dari serangan kanker darah.

  • Olahraga teratur

Olahraga selain digunakan untuk kebugaran tubuh juga dapat menghindarkan anda dari resiko terkena serangan kanker darah. Disarankan untuk berolahraga minimal 30 menit per hari, anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, jogging, atau olahraga kesukaan anda.

Demikianlah artikel tentang Penyebab Kanker Darah Dan Tips Mencegah, semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca penyakit.id

Incoming search terms:

  • frekuensi penyakit kanker darah