Posisi Tidur Ibu Hamil Muda

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda Yang Wajib Anda Ketahui!

Diposting pada

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda – Menjadi seorang ibu merupakan salah satu dambaan bagi setiap wanita. Apalagi mengalami kehamilan pada trisemester pertama dipastikan seorang wanita akan mengalami kekhawatiran akan kesehatannya. Hal ini dikarenakan pada masa kehamilan bulan awal, tubuh akan merasa sangat lelah, letih, dan akan berakibat pada tidur yang tidak nyenyak dan nyaman.

Hal inilah, yang akan membuat seorang wanita akan merasa was-was bagaimana cara agar wanita yang hamil pada trisemester pertama untuk tidur dengan nyaman serta tidak membahayakan bagi janin. Nah, untuk itulah disini kami akan membahas mengenai posisi tidur ibu hamil muda, selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda

Di bawah ini ada beberapa posisi tidur ibu hamil muda dengan aman yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa posisi tersebut diantaranya:

Posisi Tidur Miring

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang pertama yaitu posisi tidur miring. Posisi tidur miring merupakan salah satu posisi tidur yang aman untuk kesehatan janin  usia muda atau usia lanjut. Hal ini dikarenakan posisi tidur miring ternyata mendukung tumbuh kembang janin di rahim. Akan tetapi, posisi tidur yang sangat baik adalah dengan miring ke kiri. Apabila miring ke kiri dapat meningkatkan jumlah darah dan nutrisi menuju plasenta dan janin. Selain itu, saat posisi miring disarankan untuk menekuk kaki dan lutut dan tempatkan sebuah bantal di antara kaki. Dengan demikian, akan membuat pertumbuhan janin dan juga perkembangan janin dalam rahim ibu.

Posisi Tidur Terlentang

Posisi tidur yang selanjutnya yaitu posisi tidur terlentang. Posisi tidur terlentang merupakan posisi tidur yang sangat aman bagi wanita, tidak terkecuali posisi tidur untuk  ibu hamil. Sebab, dengan posisi tidur terlentang dalam usia muda dapat membuat seseorang akan tidur nyaman dan nyenyak.  Dengan tidur yang nyenyak dan nyaman tentu saja tumbuh kembang janin juga akan semakin baik. Namun, saat masa hamil sudah mulai lanjut sangat tidak disarankan untuk tidur dengan posisi ini. sebab dapat membuat beban janin akan bertumpu pada usus dan vena cava inferior pada tubuh ibu hamil.

Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur yang selanjutnya yaitu posisi tidur tengkurap. Posisi tidur tengkurap sebenarnya tidak boleh untuk ibu hamil pada usia kehamilan lanjut. Akan tetapi, untuk ibu hamil pada trisemester pertama mungkin masih boleh, namun disarankan untuk tidak terlalu lama. Sebab dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin. Usahakan tidur dengan posisi yang bisa membuat Anda nyaman dan juga bisa tidur dengan nyenyak.

Posisi Setengah Duduk

posisi tidur ibu hamil muda yang terakhir yaitu dengan posisi tidur setengah duduk. Posisi tidur setengah duduk ini juga bisa menjadi salah satu posisi tidur yang aman untuk ibu hamil. Posisi tidur ini dapat membantu ibu hamil yang mengalami nyeri ulu hati. Nyeri ulu hati yang dialami ibu hamil sebenarnya disebabkan oleh hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dann kerongkongan, sehingga makanan bisa berbalik ke eshopagus kembali. Posisi tidur dengan posisi ini dapat dilakukan dengan posisi kepala dan punggung atas disangga bantal, serta kaki juga bisa disangga dengan bantal agar tidur semakin nyaman.

 Nah, itulah beberapa posisi tidur ibu hamil muda dengan aman yang bisa Anda coba untuak menjaga kesehtan bayi dan keamanan bayi. Selain itu, posisi tersebut juga sangat aman jika digunakan untuk ibu hamil. Terimakasih dan selamat mencoba 🙂