Sayangi Fungsi Ginjal Sehat Anda Dengan Banyak Mengkonsumsi 8 Makanan Ini

Diposting pada

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting bagi kehidupan manusia. Jika fungsi ginjal mengalami gangguan atau bahkan kerusakan, maka tubuh kita bisa mengalami keracunan dan timbulnya masalah kesehatan yang lain. Fungsi ginjal yang utama adalah menyaring darah agar darah yang mengalir ke seluruh tubuh terjaga kebersihannya, menyaring dan membuang limbah beracun, mengendalikan keseimbangan kandungan air dalam tubuh dan masih banyak lagi.

Inilah delapan daftar makanan dan minuman yang mampu menjaga kesehatan ginjal Anda.

  1. Air Putih

Air merupakan sumber utama kehidupan yang dapat membantu membersihkan ginjal Anda dari berbagai macam racun yang bisa menyebabkan infeksi bakteri pada ginjal Anda. Disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 6-8 gelas air putih perhari, tetapi jika Anda melakukan aktifitas kerja berat seperti olahraga yang intens serta juga bekerja dengan tipe pekerjaan yang memerlukan banyak energi atau tenaga, maka ada baiknya Anda mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi.

  1. Buah Kranberi

Buah kranberi (Cranberry) memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan saluran arteri, ginjal, saluran pencernaan dan organ dalam lainnya. Anda bisa memakan buah kranberi secara langsung, atau bisa juga dengan cara menyajikannya sebagai minuman jus.

  1. Red Bell Peppers

Paprika merah ini juga bisa Anda konsumsi karena merupakan salah satu buah yang mengandung kalium terbaik serta mengandung likopen serta antioksidan yang mampu menangkal kanker serta mampu membersihkan dan menyehatkan ginjal Anda.

  1. Apel

Kandungan nutrisi dalam apel mampu membersihkan ginjal Anda secara alami tanpa menyebabkan rangsangan buang air kecil terlalu sering sehingga tubuh Anda masih memiliki kandungan air yang mencukupi.

  1. Jamur

Vitamin D yang terkandung pada jamur merupakan mineral yang penting bagi kesehatan ginjal. Vitamin D mampu mengatur fungsi ginjal serta dapat membantu mencegah penyakit ginjal.

  1. Anggur

Buah anggur memiliki kadar gula yang rendah sehingga mampu menjadi sumber nutrisi yang baik bagi ginjal Anda.

  1. Oatmeal

Makanan oat merupakan sumber zat besi serta vitamin B6 yang keduanya merupakan nutrisi yang penting untuk mencegah batu ginjal.

  1. Kubis

Kandungan zat besi yang dimilik oleh kubis bagus untuk kesehatan ginjal. Biasanya penderita penyakit ginjal akan kekurangan zat besi.

Selain mengkonsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal Anda seperti yang tersebut diatas, bagi penderita penyakit ginjal disarankan untuk mengurangi asupan makanan yang kaya akan fosfor. Karena makanan yang mengandung fosfor tinggi dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. The American Kidney Fund menyarankan para penderita penyakit ginjal untuk mengkonsumsi protein dalam jumlah sedang atau sekitar 40-50gr. Daging, susu, telur, dan alkohol adalah makanan yang wajib dihindari bagi para penderita ginjal.