Sedang Hamil? Waspadai Makanan Berikut Ini!

Diposting pada

Sebelum hamil Anda tentu bebas mengkonsumsi makanan apa saja yang Anda inginkan. Entah itu makanan dalam negeri atau pun luar negeri. Semua bisa Anda nikmati sesuka hati. Sayangnya saat Anda hamil maka Anda harus lebih perhatian pada makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang Anda konsumsi akan berdampak pada pertumbuhan janin. Wanita hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki kandungan nutrisi yang pas sehingga tubuh akan mendapatkan cukup gizi. Saat hamil makanan yang Anda konsumsi harus dipikirkan dengan matang-matang karena adajanin yang juga menyerap nutrisi dari makanan tersebut. Inilah mengapa asupan wanita hamil tidak boleh diabaikan.

Saat hamil, makanan yang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi sangat disarankan, karena akan membantu tumbuh kembang janin. Sebenarnya wanita hamil bebas mengkonsumsi hampir semua makanan hanya saja ada beberapa makanan yang harus diperhatikan agar tidak membahayakan janin dalam perut. Apalagi jika usia kandungan masih mudah maka keguguran masih rentan terjadi, dan juga bisa saja bayi mengalami kecatatan saat sudah lahir. Tentu Anda tidak ingin ini terjadi, untuk itu sebaiknya Anda menghindari makanan yang dapat menyebabkan kelainan atau cacat pada bayi. Lebih baik menahannya selama hamil dengan begitu Anda tetap memiliki badan yang sehat dan janin juga sehat. Berikut makanan yang harus Anda hindari saat sedang hamil.

Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang memiliki bnayak penggemar. Rasa gurih yang lezat kerap membuat orang menjadi kalap dan bisa menghabiskan keju dalam waktu singkat. Ada beberapa jenis keju yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat Anda sedang hamil. Hal ini dikarenakan keju mengandung susu yang belum dipasteurisasi atau dipanaskan maka harus dihindari. Pada dasarnya proses pasteurisasi bertuan untuk membunuh kuman-kuman dan bakteri pada makanan.  Ada beberapa jenis keju lembut yang harus dihindari yaitu Brie, Camembert, Roquefort, Feta, Gorgonzola and Mexican.

Kafein

Bagi Anda penyuka kopi, saat hamil maka Anda harus menjaga asupan kopi yang Anda minum. Kopi mengandung kafein yang mana jika Anda konsumsi secara berlihan akan berdampak bagi kesehatan janin.  Kafein merupakan salah satu zat yang masuk dalam daftar pengugur kandungan. Hal ini tentu tidak baik, itu sebabnya Anda perlu menghindari kafein pada tiga bulan pertama kehamilan Anda. Atau jika Anda tidak bisa hidup tanpa kafein maka Anda bisa mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang sangat sedikit.

Daging Atau Telur Yang Belum Matang Sempurna

Makanan yang belum matang sempurna tidak baik bagi kesehatan apalagi bagi wanita hamil. Daging, unggas atau telur yang belum matang sempurna sebaiknya tidak dikonsumsi saat Anda sedang hamil. Kandungan virus, bakteri dan juga parasit pada makanan yang belum mentah berbahaya bagi kesehatan janin. Apalagi parasit Salmonella, Toxoplasmosis, dan bakteri coliform juga sangat mudah ditemui pada makanan yang belum matang sempurna. Apalagi jika Anda pecinta seafood yang diolah menjadi makanan yang belum matang sempurna seperti sushi. Selain itu Anda juga harus berhati-hati dengan susu yang belum dipasteurisasi dan mengandung mengandung bakteri listeria. Bakteri satu ini dapat masuk ke dalam plasenta sehingga akan membuat janin terinfeksi atau bisa juga membuat janin keracunan di dalam rahim dan membuat ibu hamil mengalami keguguran.

Alkohol

Sedang hamil dan mengkonsumsi alkohol adalah salah satu cara yang akan membuat Anda keguguran. Alkohol sangat tidak disarankan bagi wanita hamil. Meskipun dalam jumlah sedikit, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi alkohol saat sedang hamil.  Alkohol dapat membuat Anda mengalami keguguran, bayi lahir mati, kelahiran prematur bahkan cacat lahir. Dan yang paling fatala dalah terjadinya FASD atau fetal alcohol syndrome. Ketika janin mengalami fetal alcohol syndrome maka pertumbuhan janin akan buruk saat berada di dalam kandungan. Selain itu saat janin sudah lahir maka bayi akan mengalami cacat seperti kelainan bentuk wjah, kelainan pada jantung hingga kerusakan sistem saraf pusat. Ketika bayi mengalami kerusakan sistem saraft pusat maka kecerdasan intelektualnya juga akan terganggu. Belum lagi perkembangan fisik dan juga masalah pendengaran serta masalah perilaku. Jelas hal ini akan menyebabkan masalah yang tidak kecil. Itu sebabnya secinta apapun Anda terhadap alkohol lebik baik berhenti saat Anda sedang hamil. Dengan begitu kesehatan Anda dan buah hati akan terjamin.

Buah dan Sayuran Yang Tidak Dikonsumsi

Buah dan sayuran memang sangat baik untuk kesehatan, hal ini tentu sudah kita ketahui. Sayangnya sata hamil Anda harus lebih berhati-hati karena mengkonsmsi buah-buahan yang tidak dicuci dengan bersih akan membuat masalah besar. Bakteri dan kuman bisa hidup dimana saja termasuk pada buah dan sayuran yang belum dicuci atau saat mencucinya kurang bersih.  Bakteri toxoplasmosis merupakan bakteri yang mengkontaminasi tanah tempat dimana sayuran dan buah ditanam. Jika Anda tidak mencuci sayuran dan buah dengan bersih maka bahna kimia dan bakteri masih menempel pada makanan.

Loading...