Tips Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami

Diposting pada

Demam merupakan salah satu penyakit yang seringkali dialami oleh kebanyakan anak – anak. Demam pada anak jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan anak, seperti kejang – kejang dan beberapa efek buruk lainnya. Sebagai pertolongan pertama, biasanya orang tua akan memberikan obat penurun panas anak yang dijual dipasaran. Terkadang jarang sekali para orang tua yang memberikan pertolongan pertama dengan memberikan obat demam tradisional.

Padahal obat tradisional yang terbuat dari bahan alami tentunya tidak kalah ampuh dan efektif untuk mengatasi demam pada anak dan menjaga kesehatan tubuh anak. Selain itu, obat tradisional juga lebih aman dibandingkan penggunaan obat – obatan kimia. Berikut ini beberapa cara menurunkan demam pada anak dengan obat tradisional.

Tips Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami

Tips Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami

Jeruk nipis

Cara menurunkan demam pada anak dengan jeruk nipis ini cukup mudah. Pertama – tama siapkan jeruk nipis sekitar setengah buah, kuning telur ayam kampung dan madu secukupnya. Setelah itu peras air jeruk nipis dan tambahkan dengan air panas sekitar setengah gelas. Aduk sampai rata dan berikan pada anak 2 kali.

Kunyit

Kunyit memang merupakan salah satu bahan alami yang kaya berbagai manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh. salah satunya bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan demam anak. Cara menurunkan demam pada anak menggunakan kunyit ini beberapa bahan yang perlu disiapkan diantaranya 1butir kuning telur ayam kampung, perasan kunyit dan sedikit kapur sirih. Selanjutnya, campurkan semua bahan tersebut sampai rata dan tambahkan dengan sedikit air panas. Ramuan alami ini bisa diberikan pada anak sedikit demi sedikit.

Bawang merah

Cara menurunkan demam pada anak menggunakan bawang merah adalah dengan cara memarut bawang merah, kemudian berikan sedikit minyak kelapa. Selanjutnya balurkan pada tubuh anak secara merata.

Temulawak

Temulawak merupakan salah satu bahan alami yang seringkali digunakan untuk membuat berbagai macam obat tradisional, salah satunya sebagai obat penurun demam pada anak. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki kandungan zat aktif xanthorrhizol, alpha betha curcuma, germacrene dan masih banyak lagi kandungan baik lainnya.

Daum kembang sepatu

Daun kembang sepatu merupakan salah satu daun yang memiliki kandungan minyak atisiri, flavonoida, saponin dan polifenol yang bermanfaat baik untuk menurunkan demam pada anak.

Air kelapa muda

Ketika anak mengalami masalah demam, biasanya tubuh akan mengalami banyak kehilangan cairan berupa keringat untuk menurunkan suhu tubuhnya. Air kelapa memiliki manfaat baik yang dapat menggantikan cairan yang hilang pada tubuh karena mmeiliki kandungan banyak mineral dan kalium yang baik untuk tubuh.

Itulah beberapa tips menurunkan demam pada anak secara alami yang efektif dan mudah. Semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

  • penyakit demam pada anak
Loading...