Tips Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Diposting pada

Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh bayi adalah masalah perut kembung. Masalah perut kembung pada bayi sendiri sama seperti perut kembung yang terjadi pada orang dewasa, sama – sama disebabkan oleh penumpukan gas akibat makanan maupun minuman yang dikonsumsinya. Jika pada orang dewasa masalah perut kembung dapat diatasi dengan mengkonsumsi berbagai macam obat atau ramuan untuk mengatasinya. Namun untuk bayi, hal ini tentunya tidak dianjurkan.

Perut kembung pada bayi biasanya diakibatkan karena makanan yang dikonsumsi. Sistem pencernaan bayi yang kurang maksimal membuat pertambahan gas akibat makanan dan minuman yang terjadi. Adapun cara mengatasi perut kembung pada bayi bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

Tips Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Tips Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Menggendong dan letakkan bayi dikasur dengan keadaan telentang

Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini sendiri dapat dilakukan dengan meletakkan atau menggendong bayi dengan posisi tubuh telentang. Selanjutnya angkat kaki bayi dan gerakkan seperti sedang bersepeda. Cara mengatasi  perut kembung pada bayi ini dapat membantu tubuh bayi mengeluarkan gas yang ada pada perut bayi secara maksimal. Namun yang perlu diingat adalah cara ini sebaiknya dilakukan secara perlahan. Perhatikan pula waktu makan bayi.

Memijat perut bayi secara perlahan

Sama seperti cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama, cara yang satu ini juga dapat dilakukan dengan posisi tidur. Selanjutnya usapa perut bayi searah jarum jam secara perlahan. Jika perlu, kamu bisa memberikan minyak telon untuk menghangatkan tubuh dan memberikan kesan yang nyaman pada tubuh bayi. Selain itu, kamu juga bisa mengusapkan punggung bayi dengan posisi tengkurap diatas paha kamu. Cara yang satu ini tidak hanya dapat membuat perut kembung pada bayi hilang, namun juga memberi kenyamanan pada bayi sendiri.

Selain tips mudah mengatasi perut kembung pada bayi, bunda juga perlu mencegah masalah perut kembung dengan menerapkan cara – cara berikut ini.

Menggendong bayi dengan posisi tegak sesaat setelah mengkonsumsi susu

Menggendong bayi dengan posisi tegak khususnya setelah selesai minum susu atau mengkonsumsi makanan untuk mengurangi risiko perut kembung. Dengan posisi tersebut, dapat membuat susu atau makanan menjadi langsung tercerna dengan baik, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya perut kembung setelah makan atau minum susu. Selain untuk mencegah perut kembung, cara ini juga bisa diterapkan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Memberikan susu beberapa jam sebelum lapar

Mencegah perut kembung pada bayi ini menghindarkan bayi dari keadaan perut yang kosong. Sebagaimana yang diketahui bahwa perut yang kosong pada bayi merupakan suatu sumber masalah, karena dapat menyebabkan perut kembung akibat dari masuk angin. Oleh karenanya, dianjurkan untuk memberikan susu ketika perut bayi kosong.