Tips Mudah Mengobati Sakit Perut Pada Anak

Diposting pada

Munculnya sakit perut pada anak memiliki beberapa sebab. Penyebab sakit perut pada anak yang seringkali terjadi adalah karena makanan yang dikonsumsi, otot yang kram atau teregang disekitar perut. Berat tubuh anak kecil berbeda dengan berat badan orang dewasa. Selain itu, sistem tubuh pada anak pun juga bekerja tidak sepenuhnya disamakan dengan orang dewasa. Hal inilah yang membuat pengobatan pada anak berbeda dengan orang dewasa. Oleh karenanya, berikut ini ada beberapa obat sakit perut anak alami yang bisa dicoba.

Mengobati Sakit Perut Pada Anak

Tips Mudah Mengobati Sakit Perut Pada Anak

Teh

Menyajikan secangkir teh hangat untuk anak. Teh hangat bisa menjadi salah satu obat sakit perut anak karena memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya adalah efek anti radang, menenangkan dan melegakan ketegangan otot.  Jadi teh mampu membantu menghilangkan rasa yang tidak nyaman pada perut, melemaskan otot disekitar perut yang tegang dan mengurangi kram pada dinding saluran pencernaan.

Jahe

Teh dengan jahe merupakan pilihan yang baik dijadikan sebagai obat sakit perut anak. Jahe memiliki kandungan gingerol yaitu suatu antioksidan yang kuat yang mampu mengurangi jumlah dan efek jahat pada radikal bebas dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, gingerol juga dapat mengurangi sensasi mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Namun sebaiknya jangan memaksakan anak untuk mengkonsumsinya jika tidak suka.

Memberikan penghangat

Cara yang satu ini bisa dilakukan dengan meletakkan botol atau botol karet yang berisi air panas diperut anak selagi duduk atau berbaring bisa meredakan nyeri pada perut. Menghangatkan perut bisa menjadi obat sakit perut anak alami. Dengan suhu yangat hangat mampu meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit perut sehingga mampu menetralkan rasa sakit perut yang datang dari perut bagian dalam. Selain dengan meletakkan benda hangat, kamu juga bisa mencoba dengan mengoleskan minyak yang dapat menimbulkan rasa hangat untuk membantu menghilangkan sakit perut.

Menghidangkan makanan yang agak tawar

Obat sakit perut anak yang satu ini menjadi alternatif cara alami untuk mengatasi sakit perut, namun hal ini bukan berarti anak dilarang mengkonsumsi makanan enak. Beberapa makanan yang memiliki rasa menyengat, seperti makanan yang mengandung banyak bumbu, berminyak, bersaus atau pedas mampu merangsang dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga akan lebih mudah munculnya perasaan nyeri pada perut. Selain itu, makanan tawar dan lembut seperti nasi, pasta, bubur, yogurt dan roti yang lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan dan mampu mengembalikan fungsi pencernaan menjadi lebih optimal.

Itulah beberapa tips mudah mengobati sakit perut pada anak yang efektif dan mudah tanpa efek samping. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Loading...