Tujuh Cara Mengobati Bisul Anda Dengan Obat Rumahan

Diposting pada

Bisul, abses berwarna merah, atau tonjolan nanah yang terbentuk di bawah kulit – apapun namanya – bisa sangat terasa menyakitkan dan tak jarang membuat anda merasa tidak percaya diri ketika bagian kulit yang terkena tersebut terlihat oleh orang lain. Tidak hanya itu saja, banyak pula kasus dimana bisul tersebut akan terus membesar hingga akhirnya mereka mengering dan berhasil terkelupas dari kulit anda.

Bisul sendiri disebabkan oleh sejenis bakteri yang menginfeksi dan meradangkan folikel di rambut anda. Efeknya, tonjolan tersebut dapat tumbuh bahkan hingga seukuran bola bisbol, disertai kulit kemerahan dan terasa sakit di area benjolan tersebut. Parahnya, jika anda tidak segera mengobatinya, maka kemungkinan besar akan menginfeksi area-area terdekat atau mendorong infeksi lebih dalam ke kulit.

Bisul sendiri bisa muncul di beberapa area tubuh seperti wajah, leher, bahu, ketiak, dan bokong. Dalam kasus yang lebih parah, kemungkinan dokter akan membuat sayatan kecil pada bisul dan menggunakan kasa steril demi menyerap dan mengeluarkan nanah di sana. Tentu saja, cara ini hanya bisa dilakukan oleh para ahli kesehatan dan di tempat yang sangat steril.

Tetapi jika tidak ingin pergi ke dokter dan takut menjalani pengobatan semacam itu, maka anda pun bisa menggunakan obat-obatan rumahan sebagai jalan alternatif. Adapun beberapa cara dan pengobatan yang bisa anda lakukan telah kami rangkum di bawah ini.

Gunakan Kompresan Bersuhu Panas

Suhu panas dapat meningkatkan sirkulasi pada area di tubuh anda, sehingga akan membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke tempat yang telah terinfeksi tersebut. Sistem kekebalan tubuh anda pun akan bertarung habis-habisan di sana demi mengusir bakteri penyebab bisul anda. Jadi, dengan menempelkan kompresan cairan panas atau hangat ke kulit yang terkena bisul anda pun bisa menjadi cara paling efektif untuk dilakukan.

Tempelkan kompresan hangat atau panas yang telah anda siapkan tersebut ke atas bisul selama kurang lebih 20 menit. Lakukan cara ini antara 3 hingga 4 kali dalam seminggu setiap hari, atau sampai bisul tersebut mengering dan hilang seutuhnya.

Minyak Pohon Teh

Minyak esensial dari pohon teh memiliki sifat anti-bakteri dan antiseptik yang sangat kuat serta ampuh, sehingga mampu membantu anda mengobati infeksi bakteri penyebab bisul anda. Tetapi perlu diperhatikan juga untuk menghindari penggunaan minyak pohon teh secara langsung ke kulit karena efeknya yang terlalu kuat dapat menyebabkan kulit terbakar.

Sebagai gantinya, campurkan 5 tetes minyak pohon teh tersebut ke dalam satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam campuran minyak tersebut, dan oleskan ke area kulit yang telah terkena oleh bisul. Lakukan cara ini antara 2 hingga 3 kali per hari setiap harinya sampai bisul anda benar-benar terusir dari kulit halus anda.

Bubuk Kunyit

Lagi-lagi kunyit masuk ke dalam daftar makanan yang dapat mengobati penyakit. Sudah banyak peneliti yang membahas mengenai kemampuan dari tanaman ini, baik sebagai pencegahan maupun pengobatan, dan itupun bisa berefek baik terhadap bisul anda. Kunyit sendiri memiliki sifat anti-bakteri dan anti-radang, yang mana keduanya dapat membantu mengobati bisul anda serta menghilangkannya secara cepat dan efektif.

Faktanya, kunyit telah banyak digunakan sebagai pemurni darah alami oleh metode pengobatan negara bagian timur semenjak ribuan tahun yang lalu.

Anda juga bisa memilih bubuk kunyit sebagai alternatifnya, dan dapat digunakan sebagai obat luar maupun obat dalam. Jika anda ingin menggunakannya sebagai obat dalam, maka anda harus merebus satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam air panas terlebih dahulu, dan kemudian diminum sebanyak 3 kali sehari. Atau andapun bisa mencampurkannya dengan susu sapi murni untuk hasil yang lebih baik.

Sementara untuk pengobatan luar, anda bisa mencampurkan bubuk kunyit tersebut dengan air putih atau tumbukan jahe. Setelah campuran tersebut terlihat mengental, oleskan langsung ke area kulit yang telah terinfeksi sebanyak 2 kali sehari.

Garam Epsom

Garam merupakan salah satu bahan makanan yang dapat memberikan cita rasa terhadap masakan anda.  Tetapi perlu diingat bahwa jenis garam epsom bukanlah termasuk ke dalam bahan makanan, dan tidak disarankan untuk memakannya.

Tetapi meskipun begitu, garam ini masih bisa digunakan sebagai pengobatan karena memiliki segudang manfaat kesehatan untuk tubuh anda, termasuk kemampuannya dalam mengatasi bisul anda yang membandel. Sifat dasar garam sebenarnya mampu membantu mengeringkan nanah, sehingga memicu bisul anda untuk mengering.

Cara menggunakannya, larutkan garam epsom ke dalam air hangat dan rendam kompresan di dalamnya. Kemudian, tempatkan kompresan tersebut tepat ke bisul anda selama 20 menit. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari hingga bisul anda menghilang tanpa jejak.

Salep Antibiotik yang Dibuat Sendiri

Salep antibiotik dapat bekerja secara cepat tetapi masih mampu merileksasikan kulit anda di saat yang bersamaan. Pengobatan ini juga bisa mencegah penyebaran infeksi bakteri penyebab bisul lebih jauh lagi, atau mencegahnya berubah semakin memburuk. Tempelkan salep antibiotik tersebut ke area bisul anda dan lakukan setidaknya 2 kali sehari hingga infeksi tersebut menghilang seutuhnya.

Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung sejenis senyawa yang disebut dengan asam ricinoleic, dimana memiliki efek anti-radang yang sangat kuat. Dengan kombinasi sifat anti-bakteri ampuh yang dimilikinya, menjadikan minyak jarak sebagai salah satu obat yang dapat menghilangkan bisul anda secara alami dan sangat cepat tanpa memberikan efek samping berbahaya.

Sama halnya seperti cara-cara yang di atas, cukup oleskan sejumlah kecil dari minyak jarak langsung ke area yang telah terinfeksi. Untuk hasil yang terbaik, gunakan sebanyak 2 kali sehari selama masa penyembuhan tersebut.

Minyak Mimba (Neem)

Minyak neem, dikenal juga sebagai lilac India, atau disebut sebagai minyak mimba di Indonesia memiliki sifat antiseptik, anti-bakteri, dan anti-jamur di saat yang bersamaan, sehingga mampu mengobati infeksi kulit secara cepat, termasuk bisul yang mungkin tengah anda derita.

Untuk menggunakannya, anda bisa mengoleskan secara langsung minyak mimba ke area bisul sebanyak 3 hingga 4 kali per hari. Pastikan juga anda membersihkan tangan dengan air sebelum metode pengobatan ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran infeksi bakteri lebih jauh lagi.

Haruskan Memeriksakan Diri ke Dokter?

Terkadang, obat-obatan rumahan tidak cukup bekerja dalam memerangi bisul anda. Adapun tanda-tanda dari bisul yang harus mendapatkan perawatan para ahli dan dokter ketika:

  • Bisul anda semakin membesar sekalipun telah menjalani pengobatan dengan menggunakan obat rumahan yang telah dijabarkan secara lengkap di atas.
  • Bisul anda tidak memperlihatkan tanda-tanda penyembuhan setelah dilakukan pengobatan rumahan selama seminggu lebih.
  • Bisul anda memiliki ukuran sebesar bola ping-pong.
  • Kulit di sekitar bisul anda berubah menjadi merah terang, atau memiliki garis-garis merah memanjang di sana.
  • Rasa sakit bisul anda di luar batas wajar, hingga membuat anda hampir tidak mampu melakukan apapun.
  • Terdapatnya benjolan lain di dekat bisul.
  • Anda mengalami bisul berulang selama beberapa bulan terakhir ini.
  • Bisul terjadi ketika anda tengah menderita diabetes.

Saat semua hal tersebut terjadi, jangan pernah ragu untuk langsung pergi ke dokter demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Loading...