Yuk Kenali Gerd (Penyakit Asam Lambung) Dan Cara Alami Mengatasinya!

Diposting pada

Gerd memang masing belum banyak dikenal orang, tetapi saat mengatakan asam lambung maka kebnayakan orang pasti sudah mengenalnya. Sebenarnya Gerd atau Gastroesophageal Refluk Disease merupakan penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke esophagus dan hal ini membuat penderitanya merasa mual dan ingin muntah. Serta ada rasa terbakar pada bagian dada. Gerd terjadi karena adanya gangguan pada katup atau sphincter. Dalam keadaan normal shpicnter akan tertutup kuat agar asam lambung tidak naik kembali tetapi saat shpicnter lemah maka asam lambung naik ke esophagus. Ada beberapa tanda yang akan Anda alami saat terserang Gerd, rasa nyeri dada dan juga sensasi terbakar pada bagian dada biasanya akan menyebar ke tenggorokan dan disertai dengan rasa asam pada mulut. Selain itu muntah-muntah dan mengeluarkan cairan asam dan makanan juga akan Anda alami.

Pada tenggorokan atau biasa dikenal dengan saluran esofagus dan pada bagian ujungnya bersifat elastis serta dapat menutup dan membuka dengan baik. Tetapi saat ujung saluran ini sedang dalam kondisi tidak baik maka asam lambung akan mengalir kembali pada esofagus yang mana dapat menyebabkan rasa mual. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang maka lapisan esofagus akan terjadi peradangan dan juga dapat menyebabkan terjadinya pendarahan serta penyempitan. Untuk menyembuhkan Gerd bisa dilakukan dengan berbagai cara, tetapi memakai bahan-bahan alami akan sangat baik untuk kesehatan. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan gerd yang Anda miliki.

Lemon

Lemon bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu menyembuhkan gerd yang Anda miliki. Lemon bertugas menyeimbangkan kadar asam yang masuk ke dalam lambung dan juga melancarkan system pencernaan. Saat terbaik untuk mengkonsumsi lemon adalah ketika perut kosong. Yaitu 20 menit atau 15 menit sebelum makan.

Pepaya

Selain lemon, Anda juga bisa mengkonsumsi papaya untuk membantu mengatasi gerd yang Anda derita. Kandungan papain atau enzim pencernaan pada papaya berguna untuk mencegah makanan berat agar mudah untuk dicerna leh pencernaan. Dengan mengkonsumsi papaya secara rutin maka Anda bisa menghilangkan gerd secara bertahap.

Almond

Almond tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk lambung. Bagi Anda yang suka ngemil maka Anda bisa mengkonsumsi almond sebagai cemilan setiap hari. Kandungan alkali pada almond bermanfaat untuk mengontrol keasaman yang ada pada perut. Saat asam lambung terkontrol maka Anda akan merasa nyaman.

Jahe

Selain almond, Anda juga bisa memanfaatkan jahe untuk mengobati gerd. Jahe memiliki senyawa aktif bernama senyawa fenol. Yang mana memiliki sifat anti inflamasi, anti oksidan dan juga anti mikroba.  Zat anti mikroba pada jahe sangat ampuh untuk membunuh virus yang menjadi penyebab utama asam lambung. Selain itu, jahe juga bisa meningkatkan sekresi lambung. Di China dan India sediri, jahe merupakan tanaman yang dibudidayakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan perut seperti diare, asam lambung, mual, muntah serta mencegah terbentuknya ulkus yang ada di dalam lambung. Untuk membuat minuman dari jahe maka Anda bisa mencuci bersih jahe dan merebusnya bersama air sampai mendidih selama 15 menit. Agar rasa jahe tidak terlalu kuat maka Anda bisa mencampurnya dengan satu kantong teh atau menambahkan daun minth agar aroma jahe tidak terlalu kuat. Atau Anda juga bisa memotong jahe dengan ukuran kecil atau ¼ inci, rebus sampai air mendidih. Lalu saring dan campur dengan madu. Selian ke du acara tersebut Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan cara di juicer. Pastikan bahwa jahe sudah Anda cuci bersih lalu setelah lembut maka Anda bisa menambahkan madu. Mengkonsumsi jahe memang tidak akan langsung menghilangkan asam lambung yang Anda miliki, tetapi dapat menghilangkan rasa sakit akibat asam lambung yang Anda rasakan.

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang mana memiliki banyak manfaat dan juga dikenal sebagai alternatif pengobatan yang sudah lama digunakan. Nyeri pada lambung biasanya terjadi karena adanya tukak yang terjadi pada selaput lender lambung sehingga mmebuat asam lambung diproduksi secara berlebihan. Hal ini dapat membuat dinding usus mengalami peradangan. Kandungan senyawa aktif pada kunyit seperti tannin, caffeic acid, damar, curcumae, gu aknicol, protochatechuic acid dan juga ukanon A, B, C dan D. Semua kandungan pad akunyit ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu kunyit juga sangat baik untuk merangsang dinding kantung empedu dan mengeluarkan racun pada system pencernaan. Kunyit mampu membunuh bakteri berbahaya dan memperlambat efek berbahaya yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mengkonsumsi kunyit, Anda bisa menyiapkan kunyit sepanjang 5 ruas lalu iris tipis-tipis,  kayu manis dan air secukupnya. Lalu rebus bersamaan sampai mendidih dan angkat.

Kacang Hijau

Selama ini orang pasti mengenal kacang hijau sebagai minuman yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan protein, vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin C, provitamin A serta berbagai macam mineral seperti magnesium, zat besi, kalsium, fosfor dan juga asam folat. Kacang memiliki bnayak manfaat yaitu untuk mengobati anemia, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, menguatkan tulang serta baik untuk pertumbuhan berat badan. Dalam seratus gram kacang hijau, terdapat 16 gram serat. Serat ada dua, yaitu serat yang dapat dicerna oleh tubuh dan serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat yang dicerna oleh tubuh akan menarik nutrisi makanan dan membuat nutrisi mengembang sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan membuat lambung bekerja tidak terlalu berat. Makanan yang mengandung banyak serat dapat mengurangi perut kembung. Itu sebabnya mengkonsumsi kacang hijau sangat baik bagi penderita asam lambung.

 

Loading...